Kriteria Pakan Ikan Nila Berkualitas

Pertanianku Pakan ikan nila berkualitas akan menghasilkan ikan nila berkualitas bernilai jual tinggi. Pakan berkualitas memiliki kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Berikut ini kriteria pakan ikan nila berkualitas yang harus Anda pahami sebelum membudidayakan ikan nila.

pakan ikan nila berkualitas
Lfoto: pertanianku

Kandungan

Pakan ikan nila berkualitas tentunya harus bisa menyalurkan nutrisi sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh ikan nila, tak hanya membuat ikan merasa kenyang. Nutrisi tersebut dapat membantu ikan untuk tumbuh dan berkembang sehingga akan menguntungkan saat dijual ke pasar.

Loading...

Sifat pakan

Pakan yang berkualitas juga harus memiliki sifat yang sesuai dengan kebiasaan biologis ikan. Pakan yang sesuai bisa lebih efektif diserap oleh tubuh ikan sehingga pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dan menimalisir dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan pakan yang tidak sesuai, seperti pencemaran lingkungan serta harga yang relatif mahal.

Penentuan kualitas pakan

Anda bisa dengan mudah menentukan kualitas pakan dengan metode sederhana. Tidak memerlukan cara yang rumit, Anda sudah bisa mengetahui apakah pelet yang digunakan berkualitas atau tidak.

Pelet yang berkualitas memiliki ciri-ciri tidak mudah hancur di dalam air, pelet harus bisa bertahan dalam air selama minimal 10 menit dengan kondisi utuh tidak hancur. Untuk pakan pelet tenggelam, pelet tidak akan langsung tenggelam tetapi tenggelam secara perlahan-lahan hingga memiliki fase melayang.

Anda juga bisa mengetahuinya dari aroma yang dimiliki pelet untuk merangsang nafsu makan ikan. Terakhir, pelet berkualitas dapat disimpan maksimum selama dua bulan tanpa merusak kualitas pakan.

Identifikasi pakan tidak berkualitas

Sama seperti mencari tahu pakan berkualitas, menentukan pakan ikan nila tidak berkualitas cukup mudah. Anda hanya perlu identifikasi pakan dengan memegangnya. Pakan yang tidak bagus saat dipegang akan terasa banyak butiran debu, berwarna keputihan karena terdapat jamur yang menempel, mudah hancur dalam air dan aromanya tidak bisa mengundang selera ikan untuk makan.

Baca Juga:  Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Kolam Terpal

Cara memberikan pakan yang benar

Percuma jika Anda menggunakan pakan berkualitas tetapi dalam aplikasi pemberiannya masih salah. Anda harus memberikan pakan ikan sesuai dengan peningkatan bobot populasi ikan yang dipelihara, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Berikan di waktu yang tepat dan rutin.

Loading...
Loading...