Kriteria Utama Pemenang Kontes Burung Kicau

Pertanianku Kontes burung kicau selalu menjadi perhelatan yang dinanti-nanti oleh kicau mania. Untuk mengikuti kontes, kicau mania harus menyiapkan serangkaian perawatan agar burung kesayangannya berhasil keluar menjadi pemenang. Burung kicau dapat menjadi pemenang bila telah memenuhi beberapa kriteria yang mendukung performanya. Berikut ini ulasan mengenai kriteria yang dilihat saat kontes burung kicau.

kontes burung kicau
foto: Pertanianku

Volume suara 

Suara kicau menjadi hal utama yang perlu dimiliki oleh burung kicau. Suara kicau tersebut harus memiliki volume yang besar dan keras agar mampu bersaing di arena kontes. Volume yang besar bertujuan agar variasi suara kicau bisa terdengar oleh juri. Sementara itu, suara yang keras untuk mendukung tonjolan suara atau senjata yang dikicaukan.

Volume suara yang besar dan keras sudah bisa dilihat sejak bakalan. Bakalan burung tersebut perlu dilatih dan dipelihara dengan benar agar kelak bisa menjadi pemenang kontes.

Bergaya atau menari

Hal berikutnya yang dinilai dari burung kicau ketika kontes adalah gaya burung. Umumnya, tiap burung memiliki gaya yang berbeda. Di alam liar, gaya atau tarian tersebut biasanya diperlihatkan ketika memasuki musim kawin untuk menarik perhatian lawan jenis. Ada burung yang menari sambil berkicau seperti anis merah. Namun, ada juga yang menampilkan tarian yang kurang baik.

Cerdas

Memang agak aneh menilai kecerdasan burung, apalagi saat kontes tak ada ujian pertanyaan. Lantas dari mana penilaian burung kicau itu cerdas atau tidak? Burung kicau yang cerdas adalah burung yang mampu meniru suara kicauan burung lain. Kemampuan ini berguna untuk meningkatkan kualitas suara kicau dan mengungguli lawan tandingnya.

Salah satu burung yang diharapkan cerdas adalah cucakrawa. Namun, pengertian cerdas di sini terbalik. Burung cucakrawa yang cerdas tidak akan meniru atau menyuarakan kicauan burung lain selain suara bawaannya. Hal tersebut sudah menjadi ketentuan kontes sejak burung cucakrawa dikonteskan. Burung ini harus mengeluarkan suara kicauan murninya.

Baca Juga:  Penyebab Telur Lovebird Gagal Menetas

Mental tempur

Tidak semua burung memiliki mental tempur yang baik, apalagi bila burung tersebut ditangkap dari alam bebas. Burung dengan mental tempur yang baik dapat tampil dengan baik di arena kontes.

Masih banyak informasi menarik seputar burung kicau yang perlu Anda ketahui, apalagi bila ingin menghasilkan sang pemenang. Semua ulasan informasi tersebut terdapat di dalam buku Top Burung Ocehan. Buku ini sangat tepat untuk Anda yang sedang memelihara atau bahkan sedang melakukan program breeding burung. Pasalnya, kualitas burung kicau juga ditentukan dari bakalan cara perawatan yang Anda berikan.

Buku Top Burung Ocehan bisa Anda dapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.