Kriteria Varietas Pepaya Unggul

Pertanianku — Seiring berkembangnya ilmu genetika dan pemuliaan tanaman, peneliti terus melakukan penelitan guna mendapatkan pepaya unggul. Tipe pepaya unggul yang diinginkan antara lain memiliki karakter pohon yang rendah atau kerdil, masa pembungaannya cepat, produktivitasnya tinggi, dan tahan teradap serangan hama penyakit.

pepaya unggul
foto: Pertanianku

Produktivitas dan kualitas

Pengembangan varietas pepaya unggul bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman dan kualitas buah pepaya yang dihasilkan. Dengan begitu, diharapkan dapat tumbuh pada kondisi yang kurang baik seperti lahan pekarangan yang sempit tanpa mengalami penurunan produktivitas. Tanaman dengan produktivitas yang tinggi ditandai dengan banyaknya rangkaian buah yang tumbuh sehingga terlihat lebih padat.

Genjah atau masa pembungaan cepat

Pada umumnya tanaman pepaya dipanen setelah berumur 160—180 hari setelah bunga mekar. Dengan pemuliaan pepaya unggulan, dihasilkan tanaman pepaya yang dapat berbunga dan berbuah lebih cepat (genjah).

Karakter pohon yang rendah atau kerdil

Pengembangan pepaya unggul juga ditujukan untuk mendapatkan tanaman pepaya dengan perawakan atau penampilan yang tidak terlalu tinggi, bahkan cenderung kerdil. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan proses perawatan dan panen.

Bagi pebisnis, pohon pepaya yang tidak tinggi akan meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga kerja dan waktu, baik dari pemeliharaan maupun panen. Dengan begitu, biaya produksi dapat lebih ditekan. Selain itu, tanaman pepaya yang kerdil dapat menjadi tanaman hias yang eksotik di pekarangan rumah.

Rajin berbuah

Tanaman tidak mengalami skip buah atau kekosongan pembuahan yang disebabkan oleh kerontokan buah atau bunga hermaprodit. Kekosongan tersebut dapat menyebabkan buah atau bunga hermaprodit berubah menjadi bunga pentandria yang dapat menghasilkan bakal buah tidak sempurna sehingga buah tersebut mudah rontok. Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas buah yang dihasilkan, tanaman tidak boleh berhenti untuk produksi buah.

Baca Juga:  Tanaman Tumpang Sari Jati yang Berpotensial

Sebenarnya, skip buah pada tanaman hanya bersifat sementara, tetapi tetap saja hal tersebut dapat menurunkan produktivitas tanaman.

Bentuknya seragam

Buah pepaya yang dihasilkan dari tanaman unggulan memiliki bentuk yang seragam dan sesuai dengan keinginan pasar. Begitu pun dengan ukuran besar kecilnya.

Tahan terhadap serangan penyakit

Pemuliaan tanaman dapat menghasilkan tanaman pepaya unggulan yang tahan terhadap hama serta penyakit utama. Dengan begitu, tanaman dapat menguntungkan petani karena petani tidak perlu melakukan pengendalian hama dan penyakit yang lebih intens.