Kualitas dan Peningkatan Produksi Jagung Terus Digenjot


Pertanianku — Pemerintah terus berupaya meningkatkan produksi jagung di Indonesia. Dengan begitu, impor jagung pun dapat dikendalikan. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Gatot Irianto.

produksi jagung
Foto: Shutterstock

“Mari kita jaga pertanaman sepanjang tahun. Sehingga pasokan terus tersedia. Produksi jagung juga harus efisien supaya harganya makin kompettitif dibanding jagung impor,” kata Gatot.

Menurutnya, penambahan populasi jagung itu sendiri juga harus dilakukan, terutama di wilayah yang tanahnya subur. Pemerintah pun menargetkan agar petani dapat menambah populasi tanaman jagung ini dari 60 ribu per hektare menjadi 100 ribu per hektare.

“Kalau 100 ribu, hasilnya kira-kira mungin bisa 13 sampai 14 ton, kalau di tanah yang subur. Jadi, tingkatkan produktivitasnya,” ujar dia

Dalam melakukan proses panen pun, Gatot mengimbau agar menggunakan mesin untuk meningkatkan produktivitasnya. Sebab, pemerintah pun memberikan bantuan untuk mendorong produktivitas jagung itu sendiri.

Selain itu, penyediaan gudang untuk penyimpanan jagung juga diperlukan. Gudang tersebut, kata Gatot, penting untuk mengendalikan pasokan dan mengendalikan kemungkinan terjadinya penurunan harga.

“Kami sediakan pengering, alat panen, kami sediakan benih. Tolong mungkin nanti petani bekerja sama dengan BUMDes untuk bangun gudang,” pungkasnya.

Baca Juga:  5 Bibit Tanaman Serbaguna Ini Bisa Bikin Anda Hemat