Kuda Juga Perlu Diberikan Perlakuan Biar Senang

Pertanianku — Kuda adalah hewan dengan tingkat sosial yang tinggi karena kuda senang berinteraksi dengan kuda lain yang berada di sekitarnya. Misalnya, jika satu ekor kuda beristirahat, kuda lain yang berada di sekitarnya akan mengikuti. Tingkah laku kuda sangat berkaitan erat dengan manajemen yang diterapkan oleh pemiliknya.

kuda senang
foto: Pixabay

Pemilik kuda adalah orangtua bagi kuda karena harus menerapkan pendidikan pada kudanya melalui dua cara, yaitu dengan aturan yang kaku dan rutin atau dengan cara fleksibel dan bervariasi. Umumnya, kuda lebih menyukai aturan yang fleksibel sehingga kuda merasa nyaman dan dapat memperat hubungannya dengan pemilik.

Sama seperti manusia, kuda perlu diperlakukan dengan baik agar merasa senang. Berikut ini beberapa perlakuan yang dapat membuat kuda senang.

Jangan dilatih terusmenerus sepanjang hari

Meskipun kuda terkesan sebagai hewan yang kuat dan kekar, kuda tidak bisa dipaksa untuk berlatih secara terus-menerus sepanjang hari. Anda perlu memberikan kesempatan untuk kuda beristirahat. Latihan yang cukup akan membuat nafsu makan kuda menjadi lebih baik dan sistem pencernaan berjalan lancar sehingga kuda tidak mudah terserang kolik.

Kuda sebaiknya dilatih setelah satu jam selesai makan dan diberikan makan setelah satu jam selesai latihan atau ketika kuda sudah tidak capek lagi.

Bawa kuda bermain dengan kuda lain

Sudah menjadi sifat alami bagi kuda senang berkumpul dengan kuda-kuda lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu sesekali membawa kuda berkumpul dengan kuda-kuda lainnya.

Kuda perlu dilatih setiap hari

Memang kuda tidak boleh terlalu diforsir saat latihan, tetapi kuda juga perlu dilatih setiap hari atau setidaknya dinaiki setiap hari agar kuda tidak merasa bosan dan jenuh. Kuda akan merasa seperti anak yang bodoh ketika tidak ada kegiatan yang dapat dilakukan olehnya.

Baca Juga:  Komposisi Pakan Sapi Potong pada Fase Breeding

Berikan kandang yang nyaman

Sama seperti hewan pada umumnya, kuda menyukai kandang yang nyaman dan hangat dengan alas yang tebal. Kandang yang nyaman dapat memengaruhi otot kaki dan persendian kuda yang lelah setelah bekerja atau beraktivitas di luar.

Kandang yang digunakan juga harus memiliki ventilasi terbuka bebas dari debu dan bisa memandang ke kuda lain. Hal ini karena kuda menyukai kebersamaan. Kuda juga bisa diletakkan berdekatan dengan kelinci dan angsa.

Pakan yang diberikan

Kuda perlu diberi pakan dalam jumlah sedikit, tetapi sering dan teratur. Kuda lebih senang dibawa keluar dan makan rumput sepanjang hari. Hal ini dikarenakan kuda senang mengunyah sebanyak 5.000 kali dalam sehari. Aktivitas mengunyah sering dilakukan untuk menghindari kuda dari rasa kebosanan.