Kudus Gelar Kontes Ikan Guppy, Seperti Apa Ya?


Pertanianku – Penggemar ikan hias di Indonesia sepertinya tak pernah sepi peminat. Lihat saja, belum lama ini Kudus, Jawa Tengah, menggelar kontes ikan guppy. Acara kontes ikan guppy diikuti oleh 250 peserta dari sejumlah daerah di Indonesia.

Foto: pixabay

Kontes ikan guppy tingkat nasional tersebut, diselenggarakan oleh Kudus Guppy Lover di objek wisata Taman Krida Kudus, pada Minggu (24/9).

“Peserta terjauh berasal Makassar, Medan dan Pontianak,” jelas Ketua Panitia Kontes Kudus Guppy Lover (KGP) Fala Adiatya di Kudus, seperti melansir Antara (24/9).

Jumlah peserta yang ikut serta membuktikan bahwa banyak pembudidaya ikan guppy asal Kudus mendapat pengakuan di tingkat nasional.

Fala mengatakan, panitia sengaja mendatangkan tiga juri, yakni juri senior dari Yogyakarta, Semarang, dan Cirebon. Ia mengatakan, ikan yang dilombakan terdapat puluhan jenis guppy.

Memiliki ikan guppy sekarang bisa menjadi sumber penghasilan, karena bisa dijual ke berbagai daerah hingga luar negeri. Menurutnya ikan berukuran kecil tersebut, memiliki peluang usaha yang baik, karena harga jualnya bisa mahal untuk per ekornya.

Ikan guppy dari Kudus diminati pembeli dari luar negeri seperti Jerman, Puertorico, dan Malaysia. Bahkan, ikan guppy dari Kudus dinilai pembeli cukup bagus dan mendapat pengakuan dari luar negeri.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Catur Sulistiyanto berharap kontes ikan hias ini bisa menjadi agenda tahunan.

“Mudah-mudahan, tahun depan bisa lebih meriah,” ujarnya.

Sementara itu, juri kontes Agung Saputra menjelaskan, bahwa potensi ikan guppy di Kudus sangat bagus untuk dikembangkan, mengingat pembudidayanya masih muda-muda dan anggotanya sudah cukup banyak.

Pada kontes guppy di Kudus, terdapat empat poin penilaian, yakni bodu, dorsal, ekor, dan vitalitas.

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang
loading...
loading...