Kue Kering Patin, Camilan Lezat dan Bergizi

Pertanianku — Apa rasanya jika ikan patin yang amis dan gurih diolah menjadi kue kering patin yang manis? Ternyata, rasanya tidak kalah enak dengan kue kering berbahan umum lainnya. Pengolahan ikan patin menjadi camilan yang bisa dimakan saat senggang merupakan inovasi yang bagus untuk memasarkan daging ikan patin dengan cara unik.

kue kering patin
foto: pixabay

Di dalam daging ikan patin terdapat kandungan protein dan asam amino esensial yang sangat tinggi seperti lisin dan arginine. Kandungan lisin di dalam daging patin sangat banyak. Lisin merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk membentuk dasar antibodi, sistem sirkulasi, dan mempertahankan pertumbuhan sel-sel normal. Jadi, kalau rajin mengonsumsi daging ikan patin, daya tahan tubuh Anda serta keluarga akan menjadi lebih baik.

Tubuh yang kekurangan lisin sangat mudah lelah, sulit berkonsentrasi, rambut rontok, gangguan reproduksi, dan pertumbuhan terhambat.

Sementara itu, arginine merupakan asam amino nonesensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas, mempercepat proses penyembuhan luka, melawan kanker, dan menghambat pertumbuhan tumor.

Kandungan lemak dalam daging patin juga terbilang rendah, lebih rendah daripada daging ayam dan sapi. Bisa dibayangkan betapa besarnya manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rajin mengonsumsi ikan patin. Kini, Anda bisa mengonsumsi ikan patin dengan cara yang lebih seru, yaitu dengan mengolahnya menjadi kue kering.

Cookies ini sangat menyehatkan karena tidak menggunakan bahan pengawet dan kaya akan gizi. Anda bisa membuat camilan ini sebagai bidang usaha yang menjanjikan karena masih jarang orang yang menjualnya.

Berikut ini ulasan mengenai bahan dan cara pembuatan kue kering patin.

Bahan-bahan:

  • Ikan patin 8 persen
  • Tepung terigu 30,6 persen
  • Tepung maizena 5 persen
  • Butter 10 persen
  • Gula halus 11 persen
  • Garam 0,2 persen
  • Kuning telur 10 persen
  • Baking soda 0,2 persen
  • Susu bubuk 10 persen
  • Cokelat butiran 10 persen
Baca Juga:  Pari Kikir, Ikan Bernilai Ekonomi Tinggi yang Terancam Punah

Cara membuat:

  1. Timbang terlebih dahulu seluruh bahan baku sesuai dengan porsi masing-masing
  2. Setelah semua adonan sudah siap, campur seluruh bahan dan aduk hingga adonan tercampur rata
  3. Ceak adonan sesuai dengan selera atau dibuat menjadi bulat-bulat
  4. Panggang dengan suhu 150°C selama 15 menit
  5. Keluarkan kue dan dinginkan di suhu kamar
  6. Kemas kue patin di dalam wadah tertutup atau plastik kemasan

 

 

 

 

 


loading...