Kulit Buah Apel Punya Manfaat Menakjubkan, Lho!

Pertanianku — Jjika Anda suka mengonsumsi apel tanpa kulitnya, jangan senang dulu. Ternyata hampir semua manfaat kesehatan apel berasal dari kulitnya. Mengutip dari Boldsky, kulit buah apel memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan.

kulit buah apel
Foto: Shutterstock
  1. Menangani masalah pernapasan dan paru-paru

Makan daging apel beserta kulitnya dipercaya dapat mengatasi masalah pernapasan. Kandungan dalam buah apel yang bernama quercetin dapat membantu paru-paru berfungsi dengan baik.

  1. Baik untuk diabetes

Kulit apel mampu untuk mengatur gula darah. Anti-oksidan yang terkandung dalam kulit apel mampu mengurangi aktivitas enzim yang memecah zat tepung menjadi gula sehingga mengurangi tingkat gula darah.

Loading...
  1. Mengobati batu empedu

Kulit apel kaya akan serat sehingga mampu mencegah akumulasi batu di kandung empedu. Batu empedu terbentuk karena terlalu banyak kolesterol. Dan, serat mampu menghilangkan kolesterol tersebut.

  1. Kesehatan gigi

Kulit apel mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang. Proses mengunyah apel bersama dengan kulitnya membuat gigi lebih putih dan sehat dengan meningkatkan produksi air liur dalam mulut.

  1. Baik untuk penderita anemia

Makan apel sekaligus kulitnya juga baik untuk ibu hamil karena kaya akan asam folat dan zat besi. Kandungan zat besi pada kulit apel juga baik untuk orang-orang anemia. Selain itu, kulit apel juga kaya akan kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, dan zat lainnya.

  1. Baik untuk tulang

Kalsium dalam kulit apel dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang. Hilangnya kalsium dapat menyebabkan tulang lemah dan rapuh atau disebut sebagai osteoporosis.

  1. Berat badan

Kulit apel mengandung enzim yang disebut asam ursolat. Zat ini dapat membantu mengurangi berat badan. Jika Anda mengalami obesitas atau ingin menurunkan berat badan, Anda harus mengonsumsi apel tanpa dikupas setiap hari.

  1. Melindungi dari penyakit
Baca Juga:  Limbah Daging Lebih Buruk Dibanding Limbah Sayuran bagi Lingkungan

Kulit apel kaya akan flavonoid, fitokimia, dan anti-oksidan. Ketiga zat tersebut penting dalam menjaga kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu tubuh untuk melawan infeksi.

  1. Melindungi dari berbagai kanker

Kulit apel mengandung senyawa yang disebut triterpenoid. Senyawa ini memiliki sifat melawan kanker dan juga membantu melindungi dari kanker seperti hati, payudara, dan kanker usus besar.

  1. Kesehatan jantung dan saluran cerna

Kulit apel mengandung serat larut dan tidak larut. Hampir semua serat dalam apel ditemukan dalam pada kulitnya. Serat ini dapat membantu mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan juga membantu untuk mengobati sembelit.

Loading...
Loading...