Kulit Lemon Tingkatkan Imunitas Tubuh


Pertanianku — Tahukah Anda? Kulit lemon mempunyai khasiat yang sangat luar biasa dalam mempertahankan sistem imun tubuh.

Kulit lemon
Foto: Pixabay

Seperti kita ketahui, jeruk adalah buah dengan kandungan vitamin C dan zat anti-oksidan yang tinggi. Maka tak heran banyak yang memanfaatkan jeruk untuk menghalau berbagai penyakit.

Umumnya, setiap orang akan menonsumsi buah jeruk dalam upaya meningkatkan imunitas tubuhnya. Kebanyakan orang memakan buahnya secara langsung atau minum air perasan jeruk lemon setiap pagi. Setelah itu, kulitnya pasti akan langsung dibuang.

Padahal, seperti dilansir dari thehealthsite.com, penelitian mengungkap bahwa kulit jeruk lemon ternyata juga berguna untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko tekena infeksi.

Anda bisa menggunakan kulit lemon dengan cara memarutnya, kemudian ditaburkan di atas makanan yang akan Anda konsumsi seperti sereal, mi, ikan, atau es krim.

Adanya taburan hasil dari parutan kulit lemon ini selain untuk mempercantik hidangan juga berguna dalam memperkuat rasa yang ada. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati. Jangan memarut kulit jeruk lemon hingga mengenai kulit arinya. Sebab, bisa menimbulkan rasa pahit.

Kulit lemon mengandung 5—10 kali vitamin C yang lebih banyak daripada air perasan jeruk lemon sendiri. Kandungan zat anti-oksidan di dalam kulit lemon mampu membersihkan racun berbahaya dan menghalau radikal bebas di tubuh sehingga imunitas akan meningkat.

Tak hanya itu, kulit lemon juga mengandung senyawa yang bisa membunuh sel kanker 100 ribu kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi. Jadi, jangan asal membuang kulit lemon, Anda bisa mulai memanfaatkannya untuk mejaga tubuh tetap sehat.

Baca Juga:  Daun Cincau, Herbal untuk Atasi Gangguan Lambung
loading...
loading...