Kulit Manggis Kering Berguna untuk Pencegahan Penyakit


Pertanianku Kulit manggis kering memang terbukti ampuh untuk kesehatan juga kecantikan dalam mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit, baik penyakit biasa atau penyakit kronik.

Kulit manggis kering
Foto: Pixabay

Hal itu dikarenakan kulit manggis memiliki kandungan senyawa anti-oksidan yang tinggi yang dikenal dengan nama xhantone. Senyawa tersebut sangat ampuh dalam melawan serangan radikal bebas yang dapat menjadi pemicu berbagai penyakit, bahkan penyakit mematikan.

Selain itu, kulit manggis juga memiliki kandungan nutrisi lain yang dapat mempercepat masa penyembuhan suatu penyakit sehingga banyak obat-obatan herbal yang menggunakan bahan dari ekstrak kulit manggis ini.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari kulit manggis yang sudah dikeringkan bagi kesehatan tubuh.

  1. Dapat mencegah dan mengobati kanker

Menurut hasil penelitian, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kulit manggis sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan sekaligus membunuh sel kanker tersebut untuk mencegah terjadinya stadium lanjut. Senyawa xhantone di dalam kulit manggis bersifat antiproliferasi dan apoptosis yang dapat bekerja sebagai senjata pemusnah bagi penyakit kanker, serta mencegahnya tumbuh kembali.

  1. Dapat mencegah penyakit jantung

Penyakit kanker dan juga penyakit jantung merupakan jenis penyakit yang paling mematikan di dunia. Namun, dengan mengonsumsi ramuan obat dari bahan kulit manggis tubuh Anda akan terhindari dari penyakit mematikan tersebut.

  1. Mencegah dan mengobati diare

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kulit manggis sangat baik untuk kesehatan pencernaan sehingga dapat mencegah dan mengobati diare dengan cepat.

  1. Dapat meningkatkan sistem imun

Jika sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kita tetap terjaga dengan baik, tubuh akan lebih tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit termasuk penyakit mematikan sekalipun. Oleh karena itu, dengan rutin minum ramuan dari kulit manggis dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan tetap terjaga dengan baik.

  1. Dapat meremajakan kulit dan mencegah tanda penuaan
Baca Juga:  Manfaat Ikan Tongkol Ternyata Luar Biasa Lho!

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata kulit manggis juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan anti-oksidan yang terdapat di dalam kulit manggis sangat efektif untuk membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dan sekaligus mengembalikan keremajaan kulit sehingga kulit akan tetap cantik dan awet muda.

  1. Menstabilkan kadar gula darah

Kulit manggis juga sangat berkhasiat untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Menurut ilmu kedokteran, penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dilakukan upaya untuk mengontrol agar kadar gula darah tetap stabil. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kulit manggis mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi sehingga kulit manggis ini sangat baik untuk penderita diabetes.

  1. Membantu mengatasi gangguan haid

Bagi para kaum wanita yang sering mengalami gangguan haid, salah satu solusinya adalah dengan minum ramuan dari kulit manggis. Dengan begitu, gangguan haid akan segera teratasi.