Kulit Pisang dapat Menjernihkan Air, Benarkah?


Pertanianku – Jika biasanya Anda lebih sering membuang kulit pisang usai memakan buahnya, sekarang ada baiknya untuk memanfaatkan kulit pisang agar lebih berguna. Selama ini yang kita tahu dari kulit pisang hanya dapat menyebabkan orang lain terjatuh bila tidak sengaja menginjaknya. Tapi apakah Anda tahu kegunaan dan manfaat yang tersembunyi dari kulit pisang?

Kulit Pisang dapat Menjernihkan Air, Benarkah

Belum lama ini sebuah makalah yang berjudul “Banana Peel Applied to the Solid Phase Extraction of Copper and Lead from River Water: Preconcentration of Metal Ions with a Fruit Waste”, mengungkapkan bahwa, jika kulit pisang ternyata dapat digunakan untuk menjernihan air. Tidak hanya itu, sisi baik lainnya adalah dengan menggunakan kulit pisang untuk menjernihkan air, jadi Anda tidak lagi memerlukan bahan kimia.

Gustavo Castro, seorang peneliti dari Universitas Sao Paulo, mengatakan, “Di dalam kulit pisang terdapat senyawa yang terdiri dari atom nitrogen, sulfur dan senyawa organik seperti asam karboksilat. Senyawa ini berfungsi untuk menyerap logam bermuatan positif yang terkandung dalam air yang tercemar logam berat.”

Gustavo melanjutkan “Biaya yang dibutuhkan untuk menyingkirkan logam berat pada air diketahui sangatlah mahal, sedangkan proses penjernihan air dengan menggunakan kulit pisang sangat ekonomis. Dalam penggunaannya, kulit pisang dapat digunakan hingga 11x untuk menjernihkan air.”

Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Air yang tercemar tentunya akan mengganggu kesehatan. Sekarang, jika Anda selesai memakan pisang, jangan terburu-buru untuk langsung membuang kulitnya. Karena, dengan kulit pisang tersebut, Anda dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca Juga:  Ragam Jenis Anggur yang Perlu Diketahui
loading...
loading...