Kulit Salak untuk Basmi Rayap, Bagaimana Caranya?


Pertanianku — Rayap adalah hewan kecil yang sangat menjengkelkan. Keberadaannya bisa merusak perabotan rumah terutama yang terbuat dari kayu. Namun jangan khawatir, kulit salak ternyata bisa digunakan untuk membasmi serangga perusak tersebut.

kulit salak
Foto: Pixabay

Hewan yang kerap disebut white ant ini biasanya akan memakan kayu yang sudah lapuk. Akan tetapi, bukan tidak mungkin rayap juga bisa memakan kayu yang masih bagus seperti yang ada di rumah Anda.

Apabila rayap sudah memakan dan menyerang kayu yang ada di rumah, jelas itu akan sangat berbahaya. Karena hal ini berkaitan dengan ketahanan rumah Anda sendiri.

Lalu, adakah cara paling manjur yang bisa dilakukan untuk membasmi rayap? Bagaimana caranya?

Diana Nurus Sholehah dari Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo, Madura, Jawa Timur, mengatasinya dengan kulit salak. Ia mengeringkan 100 gram kulit salak selama 7 hari lalu menggilingnya dengan mesin.

Setelah itu, Diana mengekstrak kandungan metabolit sekunder kulit salak dengan etanol 95%. Kemudian, sebanyak 100 gram kertas bekas diolah menjadi bubur kemudian ditambah 5% ekstrak kulit salak.

Langkah selanjutnya, yakni tuang bubur kertas di atas kain halus dan anginkan hingga kering. Setelah kering, letakkan kertas itu di sarang rayap. Aroma ekstrak kulit salak di kertas menyebabkan 80% rayap tidak nafsu makan sehingga lemas dan akhirnya mati.

Baca Juga:  Mari Mengolah Pisang Menjadi Tepung dengan Cara Ini
loading...
loading...