Kulit Semangka Punya Manfaat yang Menakjubkan


Pertanianku — Sudah tahukah Anda, kulit semangka juga punya manfaat yang tak kalah menakjubkan dari daging buahnya. Memang, bagian terlezat dari buah semangka tentu terletak pada daging buahnya yang berwarna merah.

kulit semangka
Foto: Google Image

Selain menimbulkan sensasi kesegaran, buah semangka memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa vitamin yang terkandung pada buah semangka seperti vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan nutrisi penting lainnya.

Namun ternyata, setiap 3 sentimeter kulit semangka mengandung 1,8 kalori. Meskipun Anda tidak mendapatkan makronutrien dalam jumlah besar, kulit semangka mampu memberikan dua persen asupan vitamin C harian dan satu persen vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Jadi, kulit semangka sangat baik untuk kulit dan kekebalan tubuh Anda.

Lalu, adakah manfaat lainnya? Berikut ini ulasan beberapa manfaat kulit semangka untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Meningkatkan kebugaran saat berolahraga

Kandungan citrulline yang terdapat pada kulit semangka bisa membantu meningkatkan kebugaran saat berolahraga, terutama untuk para atlet. Sebuah studi dari Universidad Politectica de Cartagena di Spanyol menguji manfaat semangka terhadap nyeri otot pasca-olahraga.

Peserta pada penelitian diberikan salah satu dari tiga jus satu jam sebelum olahraga, di antaranya jus semangka alami, jus semangka yang diperkaya dengan citrulline, dan jus plasebo.

Kandungan citrulline pada buah semangka secara utuh dapat membantu sintesis nitrat oksida dan meningkatkan aliran glukosa dalam otot rangka. Dengan begitu, kelelahan otot dan tingkat stres pada atlet cenderung menurun. Untuk itu, cobalah untuk memakan kulit semangka sebelum berolahraga, agar Anda lebih bertenaga dan bugar.

  1. Membantu menurunkan tekanan darah

Bila Anda mengidap hipertensi, cobalah untuk memakan buah semangka temasuk kulitnya. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa suplemen ekstrak buah semangka dapat membantu mengendalikan tekanan darah pada orang dewasa yang mengalami obesitas.

Baca Juga:  Hoax Soal Air Lemon yang Bisa Sembuhkan Sakit Maag

Lantas, bagaimana cara memakannya? Mudah saja, cukup bekukan irisan semangka beserta kulitnya sebelum dikonsumsi agar memberikan sensasi kesegaran saat cuaca terik.

  1. Meningkatkan libido

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit semangka dapat membantu pria mengatasi masalah disfungsi ereksi ringan sampai sedang. Kandungan citrulline yang terdapat pada semangka dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan libido, seperti cara kerja obat kuat atau viagra.

Citrulline merupakan asam amino yang sangat khas pada buah semangka dan lebih banyak terdapat pada bagian kulit ketimbang buahnya. Untuk mendapatkan manfaat kulit semangka, cobalah memakannya bersama dengan jus lemon atau dengan memberikan bubuk cabai di atas kulit semangka.