Kulit Telur Ayam Sangat Berguna, Ini Buktinya!


Pertanianku — Tahukah Anda? Kulit telur ayam ternyata banyak manfaatnya, termasuk di dalamnya dapat digunakan untuk membuat pupuk organik dan pestisida organik. Seperti kita tahu, selama ini kulit telur dianggap tidak memiliki manfaat apa-apa sehingga dianggap sebagai sampah.

Kulit telur ayam
Foto: Pixabay

Namun mulai sekarang, jangan buang kulit telur tersebut. Berikut ini uraian tentang manfaat kulit telur ayam untuk pestisida dan pupuk organik.

Kulit telur untuk membasmi hama tikus, kecoa dan semut

Ternyata kulit telur dapat digunakan sebagai pembasmi hama tikus, kecoa, dan semut. Bagaimana caranya? Cukup mudah, Anda hanya perlu mengeringkan dan menggiling kulit telur terlebih dahulu.

Pertama, biarkan kulit telur kering. Setelah itu, baru Anda giling untuk menghancurkannya menjadi bubuk atau serbuk. Lalu, taburkan bubuk kulit telur itu langsung pada hama yang Anda temui di taman rumah.

Bubuk kulit telur dapat mengusir dan membunuh beberapa jenis hama seperti siput, keong, mollusca, kutu, kumbang, tikus, kecoa dan semut. Jika terkena bubuk kulit telur, hama tersebut akan langsung menggeliat. Mereka akan bergerak untuk beberapa waktu, berputar dan berbalik hingga akhirnya mereka akan mati.

Taburkan bubuk kulit telur pada daun tanaman favorit Anda yang telah rusak diserang hama. Ini juga merupakan salah satu cara menggunakan kulit telur untuk pengendalian hama. Hama akan menjauh dari daun tersebut dan bubuk kulit telur membunuh hama lainnya yang menempel di atas daun.

Selain itu, taburkan juga bubuk kulit telur di sekitar permukaan tanah tanaman Anda. Jika terjadi hujan, taburi lagi bubuk tersebut untuk mengusir hama menjauh dari tanaman Anda.

Mengendalikan hama tanaman

Cangkang telur mengandung kalsium yang bisa menjadi musuh utama tanaman seperti siput, hama putih, dan beberapa jenis hama lain. Anda bisa menggunakan cangkang telur sebagai media untuk menumbuhkan tanaman. Caranya, lubangi beberapa bagian kulit telur, kemudian masukkan ke tanah.

Baca Juga:  Sedikit Peminat, Peluang Bisnis Sektor Pertanian Jadi Sangat Besar

Setelah itu, isi kulit telur dengan tanah dan masukkan benih bunga, buah, atau sayuran. Tanaman akan tumbuh subur tanpa diganggu oleh hama tanaman. Hal ini karena hama biasanya tidak menyukai efek dan bau kulit telur. Pasalnya, kulit telur mempunyai lapisan kutikula yang merupakan lapisan terluar dan memiliki ketebalan 10 µm dan saluran pori. Lapisan ini berfungsi melindungi telur dari kelembapan dan mikroorganisme serta membantu pertukaran gas yang masuk ke telur.

Mengatasi masalah saluran air yang tersumbat

Terkadang kita sering mengalami masalah saluran air, seperti tersumbat sehingga mengganggu aktivitas. Nah, ada cara unik untuk melancarkan saluran air yang tersumbat, yaitu dengan menggunakan kulit telur.

Haluskan kulit telur hingga menjadi bubuk, lalu tuangkan ke saluran yang tersumbat, kemudian biarkan selama semalaman. Keesokan harinya, saluran air yang tersumbat sudah lancar kembali. Anda juga bisa menambahkan sedikit cuka untuk hasil yang maksimal.

Kulit telur sebagai pupuk alami

Kulit telur dapat hancur dengan sendirinya dan menyebar di tanah sehingga menjadi pupuk dengan kandungan kalsium tinggi yang dibutuhkan tanaman. Caranya, hancurkan kulit sampai menjadi beberapa potongan kecil, lalu taburkan di area yang akan ditanami.