Kumur-kumur Air Jeruk Nipis, Obat Herbal untuk Amandel

PertaniankuObat herbal amandel sebenarnya bisa dibuat dengan mudah di rumah dari bahan yang mudah didapatkan, yaitu jeruk nipis. Amandel sering dialami oleh anak-anak karena terjadi infeksi pada dua kelenjar yang berada di dalam tenggorokan.

obat herbal amandel
foto: Pixabay

Kelenjar tersebut berfungsi sebagai pencegah infeksi sehingga seperti garda terdepan ketika ada infeksi yang masuk ke tubuh. Oleh karena itu, bagian tersebut akan sering meradang. Setelah bertambahnya umur, sistem kekebalan tubuh semakin kuat dan amandel semakin jarang dirasakan.

Gejala yang ditimbulkan akibat radang amandel adalah mual, batuk, sakit kepala, demam, dan sakit tenggorokan. Jika sudah terjadi, anak-anak butuh obat untuk mengobati infeksi tersebut. Pasalnya, jika dibiarkan akan menyebabkan nafsu makan menurun akibat kesulitan menelan.

Anda dapat menggunakan jeruk nipis sebagai obat herbal untuk amandel. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan agar terasa lebih segar dan harum. Bagian yang dimanfaatkan sebagai obat amandel adalah kulit jeruk nipis.

Kulit jeruk nipis tersebut dipotong-potong, lalu direbus. Setelah airnya mendidih, diamkan air tersebut hingga dingin. Gunakan air rebusan untuk berkumur-kumur hingga infeksi yang terjadi di rongga tenggorokan pulih.

Buah jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Di dalam buah yang sudah masak mengandung synephrine dan N-methyltyramine. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, besi, serta beragam vitamin seperti vitamin A, B1, dan C.

Jeruk nipis sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang mudah didapat dan digunakan. Buah jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang umum diderita oleh orang-orang, seperti flu, anyang-anyang, batuk, difteri, dan jerawat.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Meredakan Nyeri Akibat Rematik Gout Akut

Di antara deretan jenis jeruk, jeruk nipislah yang paling banyak manfaatnya, digunakan sebagai rempah sekaligus obat herbal. Jeruk nipis juga sering digunakan untuk produk kecantikan karena mengandung vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan. Jeruk nipis sudah terbukti mampu membuat warna kulit menjadi cerah dan merawat kecantikan.

Asam pada jeruk nipis bisa membersihkan mulut seorang perokok dari nikotin. Namun, terkadang ada beberapa kasus kerusakan gigi akibat kandungan asam pada jeruk nipis karena terlalu sering digunakan. Gigi jadi lebih sensitif dan merasa linu. Oleh karena itu, gunakan obat herbal dari jeruk nipis secara teratur dan jangan berlebihan.