Kunci Keberhasilan Budidaya Sidat

Pertanianku— Sidat mungkin tidak setenar komoditas perikanan yang lain, salah satu penyebabnya adalah sulitnya proses budidaya sidat. Padahal, harga jual komoditas ini terbilang bagus, peminatnya cukup tinggi dan yang membudidayakannya masih sedikit. Peluang sidat tidak hanya cemerlang di pasar lokal, permintaan komoditas perikanan ini di pasar ekspor juga tak kalah menggiurkan.

budidaya sidat
foto: pertanianku

Budidaya sidat memang tidak begitu mudah, tetapi Anda tetap bisa menjalankannya asal memiliki wawasan dan memahami budidaya sidat. Berikut ini beberapa kunci keberhasilan pada budidaya sidat yang perlu Anda ketahui.

Lokasi budidaya

Lokasi budidaya berperan penting terhadap keberhasilan usaha sidat. Pemilihan lokasi juga akan berhubungan dengan teknik dan teknologi yang akan digunakan. Namun, tahukah Anda, semua tempat dapat dijadikan sebagai lokasi budidaya, asalkan sesuai dengan kebutuhan sidat. Lokasi budidaya tidak perlu berada pada lahan yang luas, budidaya bisa dilakukan di pekarangan, kebun, tambak, atau danau. Anda juga bisa memanfaatkan bangunan tidak terpakai.

Manajemen air

Manajemen air menjadi faktor berikutnya yang dapat memengaruhi keberhasilan usaha budidaya. Salah satu syarat yang perlu Anda penuhi adalah ketersediaan air untuk sepanjang tahun. Air tersebut harus memiliki kualitas yang dinilai dengan cara menganalisis beberapa parameter, seperti fisika, kimia dan biologi.

Wadah pemeliharaan

Anda harus memperhatikan wadah pemeliharaan yang digunakan, khususnya wadah untuk memelihara glass eel. Ikan sidat memiliki biologi, morfologi, dan tingkah yang berbeda dengan ikan-ikan lain sehingga membutuhkan desain wadah pemeliharaan yang sesuai. Wadah yang tepat dapat menunjang pertumbuhan ikan selama dipelihara.

Pakan

Pakan dibutuhkan oleh sidat untuk tumbuh, reproduksi, dan bertahan hidup. Pakan yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan sidat sehingga target pertumbuhan bisa tercapai. Komposisi pakan pada biaya produksi mencapai 50 persen sehingga Anda harus mampu mengatur kandungan pakan dan cara pemberiannya agar pakan dapat bekerja maksimal dan efisien.

Baca Juga:  Pakan Alami yang Cocok untuk Ikan Diskus

Padat tebar

Dalam proses budidaya sidat, padat tebar yang tepat dapat memberikan ruang gerak bagi ikan. Dengan begitu, ikan dapat tumbuh sehat dan berkembang dengan baik.

Seluruh kunci keberhasilan budidaya sidat telah dibahas secara tuntas dalam buku Kupas Tuntas Budidaya Sidat. Wawasan seputar sidat sangat penting diketahui untuk Anda yang tertarik membudidayakan komoditas yang masih jarang dikembangkan ini. Itu sebabnya buku Kupas Tuntas Budidaya Sidat merupakan pedoman yang tepat. Anda bisa mendapatkannya dengan sangat mudah di  Tokopedia dan Shopee Penebar Swadaya.