Kunci Keberhasilan Membuat Bibit Sambung

Pertanianku — Salah satu teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif yang sering digunakan adalah teknik sambung. Bibit sambung dibuat dengan cara menggabungkan batang bawah dan batang atas sehingga membentuk individu baru. Penyambungan bukan hanya menggabungkan dua atau lebih tanaman, melainkan merupakan seni yang banyak variasinya.

foto: Trubus

Batang bawah memiliki akar sehingga disebut root stocks, sedangkan batang atas berupa potongan batang atau batang yang masih berada di pohon induk disebut entris atau scion. Selain kedua bagian batang tersebut, terkadang ada proses penyambungan yang memerlukan batang perantara.

Keberhasilan pembuatan bibit sambung sangat bergantung pada batang bawah dan batang atas yang digunakan. Berikut ini beberapa kunci keberhasilan sambung yang perlu Anda ketahui.

Batang atas

Batang yang digunakan sebagai batang atas harus diperoleh dari pohon yang kuat, pertumbuhan normal, serta terbebas dari serangan hama dan penyakit. Selain itu, pohon induk yang digunakan harus memiliki sifat-sifat unggul, seperti dapat berbuah lebat dan bermutu tinggi.

Batang atas sebaiknya berbentuk lurus dengan diameter yang disesuaikan dengan batang bawah. Ukurannya boleh sama atau lebih kecil dari batang bawah, asal diameternya tidak lebih dari 1 cm.

Batang atas harus dapat menyesuaikan diri dengan batang bawah (kompatibel). Namun, terkadang, hubungan penyambungan dengan tanaman yang tidak terlalu dekat juga bisa dilakukan.

Tidak berpatokan pada klasifikasi botani

Teknik sambung mengutamakan sifat vegetatif tanaman yang sama sehingga proses penyambungan tidak perlu berpatokan pada sifat botani. Justru, bila berpatokan pada klasifikasi botani, proses penyambungan mengalami kegagalan.

Menggunakan ZPT

Penyambungan cukup sulit dilakukan pada tanaman yang satu marga atau antarfamili. Namun, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemberian zat perangsang tumbuh (ZPT).

Baca Juga:  Tips Sukses Mencangkok Tanaman Buah

Lilin grafting

Anda dapat memanfaatkan lilin grafting untuk melekatkan batang bawah dan batang atas karena lapisan lilin dapat melindungi bekas luka sambungan. Dengan begitu, bagian tersebut aman dari cipratan air. Ada dua jenis lilin grafting, yaitu padat dan cair.

Waktu penyambungan

Penyambungan cocok dilakukan saat musim hujan dan cuaca tidak terlalu kering. Namun, waktu terbaik untuk melakukan peyambungan adalah awal musim hujan atau akhir musim hujan. Apabila tanaman disambung pada musim kemarau, tanaman harus sering disiram.

Plastik sungkup

Plastik sungkup dapat disemprot pestisida sebelum digunakan untuk menutup calon bibit. Pasalnya, bagian sambungan pada bibit sangat peka terhadap serangan hama dan penyakit.