Kunci Keberhasilan Perbanyak Tanaman dengan Teknik Sambungan

PertaniankuTeknik sambungan termasuk perbanyakan vegetatif yang kerap digunakan untuk menghasilkan tanaman baru. Keberhasilan teknik sambungan sangat bergantung pada batang atas dan batang bawah yang digunakan untuk membentuk tanaman baru. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat bibit dengan teknik sambungan.

teknik sambungan
foto: pertanianku

Tanaman memiliki kerabat

Usahakan sambungan berasal dari tanaman yang masih memiliki hubungan kekerabatan. Misalnya, mangga dengan kemang atau jeruk siem dengan jeruk citroen.

Batang atas

Batang atas sebaiknya didapatkan dari pohon yang kuat, pertumbuhannya normal, serta terbebas dari serangan hama dan penyakit. Selain itu, batang atas yang baik berbentuk lurus dan diameternya harus disesuaikan dengan batang bawah. Ukuran diameter batang atas bisa sama atau lebih kecil daripada batang bawah. Yang terpenting, diameter batang atas tidak lebih dari 1 cm.

Anda harus memastikan batang atas berasal dari pohon induk dengan sifat yang sesuai keinginan, seperti berbuah lebat dan bermutu tinggi. Hal ini karena tanaman baru yang dihasilkan akan membawa sifat dari tanaman induknya.

Batang atas yang digunakan harus bisa menyesuaikan diri dengan batang bawah (kompatibel). Tak menutup kemungkinan, batang penyambungan tetap terjadi meski hubungan tanaman tidak terlalu dekat.

Tidak dilakukan dalam satu marga

Tingkat keberhasilan sambungan menjadi lebih kecil bila penyambungan dilakukan terhadap satu marga, apalagi dilakukan terhadap tanaman antarfamili. Namun, dengan zat perangsang tumbuh, kegagalan tersebut bisa diatasi.

Gunakan lilin grafting

Sambungan antara batang atas dan batang bawah bisa direkatkan dengan lilin grafting. Penggunaan lilin grafting dapat menutupi bekas luka sambungan sehingga bagian tersebut aman dari cipratan air. Terdapat dua jenis lilin grafting yang bisa digunakan, yakni lilin padat dan cair. Lilin padat dapat dioleskan secara langsung pada luka tanaman. Sementara itu, lilin cair dioleskan dengan menggunakan kuas atau kain perca.

Baca Juga:  Budidaya Kopi Organik Melindungi Komoditas dari Kontaminasi Glisofat

Waktu penyambungan yang tepat

Waktu penyambungan yang baik adalah musim hujan dan cuaca tidak terlalu kering. Waktu terbaik untuk mulai penyambungan ialah awal musim hujan atau akhir musim hujan menjelang kemarau. Pasalnya, pada saat itu tanaman sedang berada dalam periode tumbuh.

Lindungi batang bawah

Batang bawah biasanya rentan dengan serangan hama dan penyakit. Anda bisa melindunginya dengan menggunakan kantong plastik sungkup yang sudah disemprot pestisida terlebih dahulu. Kantong plastik tersebut digunakan untuk menutupi calon bibit. Pada tahap yang sama, semprotkan ZPT untuk mempercepat pertumbuhan tunas.