Kunci Manajemen Peternakan Ayam untuk Membantu Para Peternak

Pertanianku Manajemen peternakan ayam sebenarnya perlu dilakukan untuk meminimalisir risiko kegagalan. Pasalnya, sering dijumpai beberapa kasus kegagalan akibat tidak menggunakan sistem manajemen peternakan ayam. Banyak peternak ayam yang lebih fokus untuk menambah ilmu secara teknis, tetapi lupa mendalami masalah manajemen.

manajemen peternakan ayam
foto: pertanianku

Manajemen peternakan ayam menjadi salah satu kunci keberhasilan peternak mengelola peternakan. Anda perlu mendalaminya untuk mendukung pengetahuan teknis yang sudah Anda dapatkan. Keberhasilan peternakan juga tergantung oleh keefektifan sumber daya organisasi dalam mengelola peternakan.

Namun, yang sering terjadi, para peternak sulit untuk mengatur efektivitas peternakan. Malahan, tidak mengetahui dengan pasti struktur organisasi yang saling berkaitan antara makanan, produksi, perencanaan penjualan, dan situasi pasar. Selain itu, juga kurang mengetahui bagaimana menjalankan semua unsur tersebut dengan baik.

Loading...

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh peternak adalah tidak memisahkan kas peternakan dengan uang pribadi yang digunakan untuk belanja rumah tangga sehingga keuangan peternakan menjadi tidak jelas. Semua kekacauan tersebut disebabkan oleh peternak itu sendiri sehingga risiko kegagalan menjadi semakin besar.

Manajemen bisa disebut sebagai seni untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda harus menjalankan seni dengan mempergunakan sumber daya atau faktor produksi dengan baik dan terstruktur. Ada beberapa kunci manajemen peternakan ayam yang perlu diketahui. Berikut ini ulasannya.

  • Manajemen merupakan seni sehingga penerapannya dapat dilakukan dengan gaya yang yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan dan kepentingan masing-masing. Anda harus terus belajar mengadopsi gaya manajemen peternakan hingga menemukan pola manajemen yang tepat untuk peternakan Anda.
  • Ada tujuan yang sudah direncanakan. Tanpa tujuan, peternak akan mengalami kesulitan dalam mengukur keberhasilan atau kegagalan. Anda harus menghitung dengan matang seluruh rencana peternakan Anda, tidak sekadar ikut-ikutan tanpa ada alasan yang jelas.
  • Peternak mampu mengendalikan proses produksi sesuai dengan sumber daya yang ada di dalam peternakan.
  • Adanya sumber daya yang tersedia. Sumber daya tersebut harus dioptimalkan dengan baik. Sumber daya tersebut di antaranya tanah dan modal untuk beternak. Anda harus bisa memanfaatkan sedemikian rupa, tanah dan modal yang terbatas untuk mendapatkan tujuan yang sudah Anda tetapkan.
Baca Juga:  Formula Pakan Pedet Saat Lepas Sapih
Loading...
Loading...