Kunci Sukses Berkebun Durian Unggul

Pertanianku — Untuk memproduksi buah yang unggulan, Anda perlu menguasai manajemen produksi dalam berkebun durian unggul secara tepat dan akurat. Hal itu tentu agar Anda memperoleh produktivitas tinggi dan kualitas buah yang memenuhi standar dengan biaya yang dapat memberikan keuntungan maksimal.

berkebun durian unggul
Foto: Shutterstock

Paling pertama adalah harus ada pengenalan terhadap sifat dan pola produksi tanaman. Hal ini mencakup pemahaman mengenai sifat morfologi tanaman sehingga mampu mengetahui faktor-faktor yang tidak berjalan baik untuk pencegahan kerusakan yang lebih besar.

Perhatikan pula penguasaan aspek teknis budidaya secara paripurna, mulai dari pemilihan lokasi tanam, pemilihan varietas dan bibit, penanaman, pemeliharaan, pemupukan, pengendalian OTP, pengendalian bunga dan buah di pohon, hingga panen serta penanganan pascapanen. Dengan demikian, Anda dapat melakukan perencanaan produksi dengan baik serta melakukan alokasi sumber daya lebih efisien.

Loading...

Sediakan sistem pendukung usaha, mulai dari penyediaan sarana produksi yang tepat, tenaga kerja yang andal, standar mutu yang diinginkan pasar, serta jaringan pasar. Secara praktis, hal-hal penting yang perlu dikuasai dan dilakukan dengan baik, dapat dibagi dalam tiga fase sebagai berikut, seperti dikutip dari buku Berkebun Durian Unggul.

1. Persiapan pengembangan kebun

Persiapan pengembangan kebun merupakan seluruh kegiatan sebelum penanaman dilakukan yang sangat menentukan pencapaian target produksi durian unggul.

2. Penanaman dan pemeliharaan

Penanaman dan pemeliharaan merupakan seluruh kegiatan, sejak penanaman hingga tanaman mulai berbunga dan membentuk buah. Hal penting yang perlu diperhatikan antara lain dalam satu kebun, perlu tanaman penyerbuk yang bukan dari varietas utama. Misalnya, jika menanam durian petruk, perlu disisipi durian sunan sebagai penyerbuk.

3. Pembuahan dan pemanenan

Pembuahan dan pemanenan merupakan seluruh kegiatan sejak muncul bunga, penyerbukan, seleksi buah, hingga panen. Hal ini menentukan pencapaian standar mutu yang ditetapkan sehingga durian yang dihasilkan dapat bersaing di pasar dengan harga yang kompetitif.

Baca Juga:  Peluang Usaha Jambu Air Madu Deli Semanis Rasa Buahnya
Loading...
Loading...