Kunci Sukses Berkebun Durian

Pertanianku — Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kesuksesan dalam berkebun durian. Di antara faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan Anda berkebun, ada beberapa faktor krusial yang harus diperhatikan dengan benar. Berikut ini beberapa kunci kesuksesan berkebun durian yang sebaiknya diperhatikan.

berkebun durian
foto: pixabay

Persiapan pengembangan kebun

Persiapan pengembangan kebun merupakan kegiatan yang harus diakukan sebelum penanaman. Kesiapan Anda saat memulai usaha perkebunan akan sangat menentukan keberhasilan mencapai target produksi durian. Beberapa persiapan krusial yang harus dilakukan adalah lokasi tanam, penetapan varietas, penyediaan bibit, dan persiapan lahan.

Loading...

Persiapan lahan sangat memengaruhi proses penanaman, tidak hanya pohon durian, tetapi seluruh komoditas pertanian lainnya.

Penanaman dan pemeliharaan

Proses inti berkebun adalan penanaman dan pemeliharaan tanaman. Sejak penanaman hingga tanaman berbunga dan berbuah, tanaman harus dirawat dengan baik. Penanaman harus dilakukan dengan benar agar bibit yang berkualitas bisa tumbuh dengan baik. Penanaman juga harus dilakukan pada waktu yang tepat untuk memacu pertumbuhan optimal.

Anda harus rutin memantau perkembangannya setiap hari, memberikan pengairan, pupuk, pembersihan gulma, mengatasi serangan hama, bahkan jika perlu diberikan hormon perangsang untuk merangsang tanaman menghasilkan buah.

Pembuahan dan pemanenan

Pembuahan dan pemanenan merupakan kegiatan krusial lainnya yang harus dilakukan secara hati-hati. Proses pembuahan dan panen akan menentukan standar mutu hasil buah yang akan didapatkan.

Saat pohon akan mengalami pembuahan, Anda harus menjaga sanitasi kebun agar tidak menimbulkan penyakit yang bisa mengganggu proses pembuahan. Anda juga perlu memberikan pupuk organik di sekitar batang agar penyediaan air lebih terjaga sehingga risiko bunga rontok semakin berkurang.

Buah yang sudah tumbuh meski baru seukuran pentil harus diawasi dengan benar. Hal ini agar terhindar dari serangan lalat buah dan beberapa penyakit pohon buah durian lainnya yang bisa menyebabkan buah busuk dan gagal panen.

Baca Juga:  Distanhorbun Kabupaten Bogor Mulai Menggunakan Teknologi Kultur Jaringan

Penjarangan buah juga bisa dilakukan guna mendapatkan buah-buah berkualitas. Penjarangan dilakukan pada buah yang tumbuh tidak normal atau kurang sehat. Dengan begitu, nutrisi akan mengalir ke buah yang tumbuh sehat.

Setelah buah sudah besar, Anda harus memanen buah di waktu yang tepat untuk mendapatkan buah dengan kualitas tinggi.

Loading...
Loading...