Kunci Sukses Bisnis Penggemukan Sapi

Pertanianku — Setiap hendak memulai suatu usaha sebaiknya pelajari terlebih dahulu faktor yang memengaruhi keberhasilan usaha tersebut. Dalam bisnis penggemukan sapi ada beberapa faktor yang mendukung keberhasilan dan harus diperhatikan. Faktor tersebut mulai dari keseragaman bakalan, jumlah bakalan, sampai kebulatan tekad dari peternak.

bisnis penggemukan sapi
foto: unsplash

Keseragaman bakalan sapi

Jika bisnis penggemukan dilakukan dalam jumlah yang banyak, sebaiknya gunakan bakalan sapi yang seragam, baik dari umur, jenis kelamin, maupun bobot dan kondisi tubuh. Keseragaman bakalan sapi akan memudahkan Anda selama proses perawatan, pertumbuhan sapi pun akan lebih maksimal dan harga jual akan lebih tinggi.

Loading...

Jika bakalan yang digunakan tidak seragam, sebaiknya pisahkan kandang untuk membedakan bakalan. Seperti bakalan dan betina, letakkan bakalan tersebut di kandang yang terpisah.

Jumlah sapi yang akan digemukkan

Pada dasarnya tidak ada batasan jumlah sapi yang akan digemukkan dalam satu periode, jumlah tersebut bergantung pada modal yang dimiliki oleh peternak. Selain itu, jumlah sapi yang akan diternak harus didukung dengan fasilitas penunjang yang memadai, seperti lahan, kandang, pakan, serta kemampuan peternak dalam mengelola peternakan.

Jangan sampai jumlah bakalan sapi yang digemukkan cukup banyak, tetapi kandang yang dimiliki kecil dan tenaga pekerja sangat sedikit. Hal tersebut malah membuat ternak tidak tumbuh optimal. Sebagai gambaran, satu pekerja sebaiknya memegang 6 ekor bakalan sapi.

Lama penggemukan

Lama penggemukan sapi sangat bergantung pada cara pemeliharaan, umur bakalan sapi yang digunakan, dan cara pemberian pakan. Bakalan yang berumur kurang dari satu tahun akan memerlukan waktu penggemukan lebih lama dibanding sapi yang sudah berumur 2—2,5 tahun. Demikian pula pada sapi yang hanya diberikan hijauan, waktu penggemukan jauh lebih panjang dibanding sapi yang diberikan konsentrat.

Baca Juga:  Bagian Burung Puyuh yang Bisa Dimanfaatkan Selain Daging dan Telur

Perkiraan bobot badan

Jumlah gizi yang dibutuhkan oleh seekor sapi serta kemampuannya dalam mengonsumsi pakan sangat bergantung pada bobot sapi itu sendiri. Para peternak biasanya menggunakan alat ukur berupa pita ukur yang lebih murah dibanding timbangan.

Masih banyak tips penggemukan yang bisa dilakukan dalam waktu singkat di dalam buku Bisnis Penggemukan Sapi terbitan Penebar Swadaya. Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut agar sukses melakukan usaha penggemukan sapi.

 

 

 

 

Loading...
Loading...