Kunci Sukses Budidaya Pembesaran Ikan Agar Untung Berlipat

Pertanianku — Ada beberapa kunci sukses untuk melakukan pembesaran ikan agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Salah satunya adalah dengan pemberian pakan yang mengandung nilai gizi cukup, kualitas air optimal, dan ikan dalam kondisi sehat. Ketiga faktor tersebut harus diperhatikan dengan benar karena saling berkaitan.

pembesaran ikan
foto: pertanianku

Pengelolaan kualitas air

Ikan tidak bisa berkembang secara optimal jika kualitas airnya buruk. Kualitas air yang buruk dapat menyebabkan ikan mudah terserang penyakit dan mengalami hambatan dalam pertumbuhan. Kualitas air bisa menurun karena pemberian pakan yang tidak terkontrol, pengelolaan air yang tidak memadai, atau karena cuaca seperti terjadi hujan secara terus-menerus.

Loading...

Beberapa parameter yang bisa digunakan untuk mengukur kualitas air kolam adalah oksigen terlarut, nilai pH air, kecerahan air, suhu air, serta asam belerang dan ammonia.

Anda harus memerhatikan timbunan sisa pakan yang tidak habis di dasar kolam. Timbunan tersebut akan menimbulkan gas ammonia atau hydrogen sulfide yang bisa mengeluarkan aroma busuk. Jika sudah terjadi, buang 1/3 air bagian bawah dan ganti dengan air yang baru.

Ikan dalam kondisi sehat

Ikan yang sehat dimulai dari benih yang sehat. Benih berkualitas dan sehat dapat mendukung pertumbuhan ikan sehingga bisa menekan angka kematian. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan benih ikan yang unggul dan berkualitas baik. Saat ingin memilih benih, pastikan benih berasal dari induk yang sehat, ukuran dan bobot benih baik, benih aktif dan terlihat segar, serta benih tidak memiliki cacat secara fisik.

Untuk meningkatkan kondisi kesehatannya, Anda bisa menggunakan probiotik dan vitamin yang bisa diaplikasikan melalui pakan atau air.

Pakan berkualitas

Pakan dengan kandungan nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhannya. Pakan pelet buatan biasanya sudah memiliki kandungan nutrisi yang terjamin kualitas. Pakan yang bernutrisi bisa menyebabkan ikan tumbuh sehat yang terlihat aktif, lincah, dan nafsu makan tinggi.

Baca Juga:  Ikan Air Tawar Ini Bisa Mendatangkan Keuntungan Meski Dipelihara di Kolam Terpal

Anda bisa membeli pelet yang berkualitas di pasaran dengan berbagai merek. Biasanya pakan tersebut sudah diberikan nomor atau kode yang sesuai dengan ukuran mulut dan besaran ikan. Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan pakan yang dibeli agar sesuai dengan ukuran ikan.

 

Loading...
Loading...