Kunci Sukses Dongkrak Produksi Nila Unggul #1

Pertanianku – Perikanan sebagai inkubator bisnis, baik skala rumah tangga maupun industri telah mulai dilirik sebagai unit usaha yang menguntungkan sejak satu dekade terakhir. Salah satu usaha perikanan yang cukupberkembang baik adalah budi daya ikan nila di kolam darat maupun dikeramba jaring apung (KJA).

Kunci Sukses Dongkrak Produksi Nila Unggul

Memang, secara umum budi daya nila tidak sulit, bahkan tergolongmudah. Oleh karena itu, banyak orang yang terjun dalam usaha budi daya nila. Bahkan, tidak sedikit yang menjadikannya mata pencaharian utama.Namun, seiring berjalannya waktu, kualitas nila menjadi menurun karena adanya beberapa faktor, misalnya perkawinan sedarah atau inbreeding. Selain itu, para pelaku usaha budi daya nila menginginkan nila yangpertumbuhannya lebih cepat dengan hasil panen yang maksimal.

Loading...

Sebelum memulai aktivitas dalam bisnis budi daya nila, perlu diketahuisecara cermat berbagai kemungkinan yang dapat menjamin kelangsungan usaha. Walaupun nila umumnya dapat dipasarkan dalam bentuk beku, khususnya hasil produksi Jatiluhur dan Cirata, tetapi pemasaran dalam bentuk hidup akan mempunyai nilai yang lebih tinggiseperti pada komoditas perikanan lainnya, terutama pemasaran di daerah luar Pulau Jawa seperti di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Halitu membuktikan bahwa semua aktivitas agribisnis yang dilakukan harus mempunyai jaminan terhadap kelangsungan hidup ikan tersebut.

Beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan budi daya nila adalah terpenuhinya persyaratan teknis dan non-teknis yang dibutuhkan. Hal itu terkait dengan tingkat kelangsungan hidup nila. Persyaratan teknislebih banyak mengacu pada Cara Budidaya yang Baik (Good Management Practice), sedangkan persyaratan non-teknis lebih banyak berdasarkan pada situasional di lapangan. Ada pun persyaratan teknis yang diperlukan di antaranya adalah lokasi dan kolam.

Baca Juga:  Jenis Kolam yang Bagus untuk Budidaya Lele
Loading...
Loading...