Kunci Sukses Memelihara Ikan dalam Instalasi Budikdamber

Pertanianku— Salah satu ketakutan pemula ketika ingin memelihara ikan dalam instalasi budikdamber (budidaya ikan dalam ember) adalah cara perawatan yang sulit dimengerti. Pasalnya, perawatan yang kurang tepat bisa menyebabkan pertumbuhan ikan terhambat hingga kematian ikan. Namun, jangan khawatir. Memelihara ikan konsumsi sebenarnya cukup mudah. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan ketika Anda ingin memelihara ikan.

budikdamber
foto: pertanianku

Rutin memberikan air

Setelah semua instalasi budikdamber sudah terpasang dengan baik, isi kolam dengan air hingga ketinggian mencapai 40—45 cm. Selanjutnya, nyalakan mesin pompa air yang sudah dihubungkan dengan listrik. Setelah itu, akan terjadi sirkulasi air yang baik di dalam kolam.

Setelah berisi air, berikan cairan probiotik sebanyak 250 ml untuk memperbaiki biota air. Lakukan pengecekan kondisi seluruh bagian instalasi secara rutin, termasuk kolam. Pastikan tidak ada bagian yang bocor. Jika terdapat kebocoran, segera atasi agar air tidak banyak yang keluar.

Benih yang digunakan

Pastikan benih yang digunakan berkualitas dengan ciri-ciri sehat, tidak cacat, dan gerakannya lincah. Benih yang sehat menjadi modal utama untuk mendapatkan panen ikan siap konsumsi yang melimpah.

Lakukan penebaran dengan benar

Lakukan penebaran ikan secara hati-hati agar ikan tidak mati akibat stres. Benih harus diaklimatisasi terlebih dahulu. Selanjutnya, biarkan benih keluar dari dalam wadah pembenihan sendiri dengan cara membuka plastik wadah dan dimiringkan di atas permukaan air kolam. Benih akan berenang keluar sendiri dan masuk ke kolam.

Pakan yang berkualitas

Selain benih, gunakan pakan berkualitas dan tidak kedaluwarsa. Perhatikan juga kandungan pakan yang ada di dalamnya. Pastikan kandungan nutrisi tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan gizi ikan.

Berikan probiotik

Probiotik sudah bisa diberikan sejak pengisian air pertama. Pemberian probiotik susulan bisa diberikan setiap 2—3 minggu sekali. Anda juga bisa memberikan probiotik dengan cara dicampurkan ke dalam pakan ikan.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mempersiapkan Kolam Pijah Ikan Gurami

Perhatikan cahaya matahari

Cahaya matahari sangat berguna untuk perkembangan zooplankton dan fitoplankton yang berada di dalam air. Nantinya, zooplankton dan fitoplankton akan memengaruhi pertumbuhan ikan dan tanaman dalam instalasi budikdamber tersebut.

 


loading...