Kunci Sukses Memindahkan Pohon Manggis yang Sudah Dewasa

Pertanianku— Dahulu pohon manggis yang sudah dewasa dianggap mustahil bisa dipindahkan karena tanaman ini terkenal dengan perakaran yang kurang baik. Tanaman hanya memiliki satu akar tunggang dan sedikit akar samping. Selain itu, akar tanaman tidak memiliki bulu-bulu akar sehingga menyebabkan akar rentan terhadap gangguan. Oleh karena itu, memindahkan pohon manggis yang sudah dewasa dianggap berisiko tinggi.

memindahkan pohon manggis
foto: Pertanianku

Risiko kematian akan semakin meningkat seiring dengan bertambah besarnya tanaman. Pasalnya, semakin besar ukuran tanaman, jumlah akar yang rusak akibat pembongkaran juga semakin tinggi.

Namun, sebenarnya pohon manggis yang sudah dewasa berumur 7–10 tahun dapat dipindahkan dengan tingkat keberhasilan 99 persen. Proses memindahkan pohon manggis yang sudah dewasa dilakukan dengan teknik putar ala Jackson. Balitbu Solok mencoba teknik tersebut untuk memindahkan 22 tanaman manggis setinggi 2–3 m. Hasilnya, 18 pohon di antaranya berhasil hidup dan tumbuh normal. Artinya, tingkat keberhasilan teknik ini mencapai 80 persen.

Berikut ini kunci sukses memindahkan pohon manggis dengan teknik putar ala Jackson.

  1. Gali tanah di sekeliling tanaman selebar tajuk.
  2. Bungkus bola akar dengan karung.
  3. Angkut tanaman ke tempat baru.
  4. Tanam kembali pohon di tempat baru.
  5. Tanaman manggis baru bisa berbuah setelah 1 tahun dipindahkan.

Proses pemindahan dilakukan dengan bantuan alat derek yang dapat menarik tanaman secara vertikal. Agar proses berlangsung baik, sebaiknya tanaman yang sudah dibungkus tidak langsung diangkut. Akar tunggang jangan dipotong terlebih dahulu. Biarkan di tempat aslinya selama 2–4 minggu agar dapat beradaptasi dan tumbuh tanpa akar-akar samping.

Meski awalnya terlihat mustahil, penelitian menunjukkan, manggis dewasa bisa dipindahkan dan mampu bertahan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Selain itu, proses pemindahan juga dapat mempercepat produksi karena tanaman sudah bisa berbuah setelah 1–2 tahun dipindahkan.

Baca Juga:  Kiat Membuat Tabulampot Manggis Rajin Berbuah

Teknik memindahkan pohon manggis ini dapat menjadi alternatif untuk menjarangkan kebun manggis rakyat yang rapat karena tumbuh alami, membuka peluang kebun manggis baru yang cepat produksi, dan memancing investor. Selama ini, investor masih jarang yang melirik usaha budidaya manggis yang dinilai lama tingkat pengembaliannya karena baru berproduksi di atas 5 tahun.