Kunci Sukses Mendapatkan Bakalan Sapi yang Ideal

Pertanianku— Memilih bakalan yang tepat menjadi langkah awal dari keberhasilan usaha penggemukan sapi potong yang tidak boleh dilewati. Terdapat beberapa kriteria yang perlu diketahui ketika Anda memilih bakalan sapi potong untuk digemukkan. Berikut ini kritera-kriteria yang harus dipenuhi melansir dari buku Kupas Tuntas Beternak Sapi Potong.

bakalan sapi
foto: pertanianku

Umur bakalan sapi potong

Bakalan sapi potong minimal berumur 1,5–2 tahun dan umur ideal untuk bakalan adalah 2–3 tahun karena pada saat itu rangka tubuhnya sudah benar-benar siap digemukkan. Bakalan yang berumur dua tahun juga sudah memiliki susunan gigi yang lebih kuat untuk mengonsumsi pakan yang ditujukan untuk penggemukan. Dengan demikian, proses penggemukan akan berjalan lebih maksimal.

Berkelamin jantan

Bakalan berkelamin jantan cenderung memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibanding bakalan betina. Itu sebabnya pejantan lebih cocok untuk usaha penggemukan. Hal ini karena tujuan akhir dari penggemukan adalah sapi potong dengan bobot yang sesuai harapan. Adapun sapi betina lebih cocok untuk pembibitan sapi atau sapi perah.

Kondisi fisik bakalan

Rangka tubuh sapi terlihat ideal, normal, dan kokoh. Bobot tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk (sedang). Bagian depan dan belakang tubuh proporsional, tidak ada yang lebih besar di bagian depan ataupun belakang.

Silsilah bakalan

Akan lebih baik bila Anda mengetahui silsilah bakalan. Namun, jika Anda tidak bisa mengetahui silsilah pedet, Anda dapat melihat indukannya sebagai patokan. Bagian yang dilihat dari induk adalah kerangka tubuh dan sapi terlihat tebal dari berbagai sisi, tulang tampak kuat, kokoh, serta kaki normal tidak berbentuk X atau O.

Sifat bakalan

Pilihlah bakalan yang terlihat lincah dan periang. Sebab, dua hal itu menunjukkan mental bakalan bagus serta kemungkinan kualitas pejantan baik atau sudah cukup umur.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Domba Ternak

Bobot bakalan

Bobot bakalan untuk penggemukan sangat bergantung pada jenis sapi yang Anda gunakan. Patokan utamanya adalah umur. Jadi, ketika Anda memilih bakalan pastikan umur dan ciri fisik, termasuk sifatnya apakah sudah sesuai dengan kriteria bakalan sapi yang ideal untuk penggemukan.

Kunci keberhasilan usaha penggemukan sapi potong tak hanya pada bakalan, tetapi masih ada banyak faktor lain yang perlu Anda ketahui apabila ingin mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Simak informasi penting lainnya seputar penggemukan sapi potong di buku Kupas Tuntas Beternak Sapi Potong.