Kunci Sukses Panen Ayam Broiler 3 Minggu


Pertanianku — Menjadikan ayam broiler agar siap panen memerlukan ketekunan dan ketelitian dalam perawatannya, terutama pada awal pemeliharaan. Diperlukan kunci sukses agar tidak terjadi kegagalan dalam pelaksanaannya. Lantas, bagaimana kunci sukses panen ayam broiler 3 minggu?

Panen ayam broiler setiap bulan
Foto: Pertanianku

Untuk mencapai sukses memanen broiler 3 minggu atau 21 hari, diperlukan kunci-kunci sukses sebagai berikut.

  1. Pastikan pasar

Dalam hal ini, pemasaran menjadi hal yang sangat vital, karena akhir dari setiap usaha peternakan pasti berujung pada pasar/konsumen. Bagi peternak mandiri, harus mengetahui kondisi pasar terlebih dahulu sebelum usaha dimulai. Artinya, kapasitas pasar dalam menyerap ayam broiler harus diketahui. Untuk itu, peternak hendaknya melakukan survei pasar lokal ataupun pasar luar daerah.

  1. Gunakan DOC unggul

Setidaknya dikenal tiga tingkatan kualitas DOC, yaitu platinum, gold, dan silver. Kelas tersebut disesuaikan dengan kemampuannya dalam mengeluarkan potensi genetiknya seperti kecepatan tumbuh, efisiensi pakan, dan ketahanan terhadap penyakit.

Dalam memilih DOC hendaknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan peternakan. Kriteria DOC yang baik (sehat) mencakup beberapa hal seperti berat sekitar 37—40 g (4—4,5 kg/boks), bulu bersih dan segar, mata bersinar, gerakan lincah, dubur dan pusar bersih, serta tidak cacat.

  1. Persiapan yang tepat

Pengertian persiapan di sini ialah persiapan kandang sebelum ayam dipelihara. Apabila kandang telah digunakan dalam periode produksi sebelumnya, maka harus ada masa istirahat kandang. Persiapan harus dilakukan secara optimal yang meliputi pembersihan atau pencucian kandang, pengapuran dan desinfeksi, persiapan induk buatan, dan periode istirahat kandang.

  1. Tepat pakan dan minum

Pakan dan minum perannya sangat penting dalam usaha ternak broiler. Pakan harus mengandung unsur nutrisi yang lengkap. Minuman juga harus selalu tersedia. Jika kekurangan ar minum, maka akan mengakibatkan dehidrasi bahkan kematian.

  1. Sesuaikan pemeliharaan dengan orientasi panen
Baca Juga:  Mengenal Magot, Pakan Alternatif yang Unggul

Bibit (DOC) dan pakan memang sangat menentukan keberhasilan usaha ternak broiler. Namun, ada hal yang tidak kalah penting, yaitu manajemen pemeliharaan. Ketiganya merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kekurangan salah satunya akan menyebabkan potensi genetik ayam kurang optimal.

  1. Gunakan tenaga kerja andal

Tenaga kerja (anak kandang) merupakan tulang punggung dari pemeliharaan ayam broiler. Pelaksanaan manajemen pemeliharaan ayam broiler yang baik tidak mungkin terlaksana jika anak kandang bekerja setengah hati. Anak kandang harus memiliki sifat “mengasuh” dan kasih sayang terhadap ayam secara intensif.

Itu dia beberapa kunci sukses yang bisa membuat ternak broiler panen dalam waktu 3  minggu. Jika Anda ingin mengetahui informasi selengkapnya tentang kunci sukses di atas, Anda bisa membaca buku Panduan Praktis Panen Broiler 3 Minggu.

loading...
loading...