Kunci Sukses Panen Ayam Broiler dalam Waktu 3 Minggu

Pertanianku— Untuk mencetak broiler yang siap panen membutuhkan ketelitian dan ketekunan selama merawatnya. Diperlukan beberapa kunci sukses untuk membantu peternak meminimalisir terjadi kegagalan dalam pelaksanaannya. Berikut ini beberapa kunci sukes agar dapat memanen ayam broiler dalam kurun waktu 3 minggu.

ayam broiler
foto: pertanianku

Pastikan pasar

Pemasaran merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh peternak karena merupakan penentu berhasil atau tidaknya proses peternakan yang dijalankan. Untuk peternak mandiri yang mencari pasar sendiri, harus mengetahui terlebih dahulu kondisi pasar sebelum memulai usaha. Kondisi pasar yang harus diketahui adalah kapasitas pasar dalam menyerap ayam broiler. Oleh karena itu, peternak harus rajin melakukan survei pasar terlebih dahulu.

Loading...

Gunakan DOC unggul

DOC yang dijual di pasaran memiliki tiga tingkatan, yaitu platinum, gold, dan silver. DOC platinum memiliki kualitas yang paling baik di antara dua tingkatan lainnya. Selain unggul, DOC yang digunakan harus sehat dan dalam kondisi baik. Penggunaan DOC yang unggul dan sehat bisa menjadi modal awal yang bagus untuk mendapatkan panen ayam broiler dalam kurun waktu 3 minggu.

Lakukan persiapan yang tepat

Sebelum pemeliharaan, sangat penting untuk melakukan persiapan yang matang dan tepat agar proses pemeliharaan berjalan dengan lancar. Pada masa istirahat kandang, Anda harus mempersiapkan kandang agar bisa kembali bekerja secara optimal.

Pakan dan minum

Pakan dan minum berperan sangat penting selama masa pemeliharaan ayam broiler. Pasalnya, pakan dan minum harus selalu tersedia sepanjang masa pemeliharaan karena merupakan salah satu unsur penting yang memengaruhi performa produksi. Anda harus mengetahui nutrisi pakan yang dibutuhkan, dosis, manajemen pakan, serta tempat pakan dan minum yang bagus untuk digunakan.

Sesuaikan pemeliharaan dengan orientasi panen

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan

Hal lain yang tidak kalah penting menentukan keberhasilan adalah manajemen pemeliharaan. Anda tidak boleh mengabaikan manajemen pemeliharaan jika ingin sukses memanen ayam broiler hanya dalam kurun waktu 3 bulan.

Semua kunci sukses untuk memanen ayam broiler selama 3 bulan dibahas secara lengkap dan tuntas dalam buku Panduan Praktis Panen Ayam Broiler 3 Minggu: 12 kali panen dalam setahun yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Tertarik untuk sukses beternak ayam broiler? Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi bisnis Anda!

Loading...
Loading...