Kunci Sukses Usaha Ayam Petelur

Pertanianku — Ada banyak kunci sukses yang bisa membuat Anda berhasil menjadi peternak ayam petelur yang andal. Kunci pertama yang harus dimiliki peternak adalah kesiapan mental peternak itu sendiri dalam menghadapi berbagai proses pemeliharaan serta rintangan yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

ayam petelur
foto: pertanianku

Selain itu, semangat untuk belajar juga sangat menentukan keberhasilan peternak dalam usaha ternak ayam petelur. Semangat belajar tersebut bisa menghindari peternak dari keputusasaan karena gagal atau rasa bangga yang berlebihan karena panennya berhasil. Setelah itu semua sudah ada di dalam diri peternak, berikut ini beberapa kunci sukses lainnya yang harus dimiliki oleh peternak.

Manajemen pemeliharaan

Loading...

Manajemen pemeliharaan terbukti sangat penting di dalam dunia usaha, termasuk usaha peternakan. Manajemen yang harus dimiliki adalah manajemen biosekuriti, manajemen brooding, manajemen feeding, dan manajemen pemeliharaan yang disesuaikan dengan kebutuhan ayam.

Sifat ayam petelur

Sifat ayam petelur yang Anda gunakan juga sangat memengaruhi proses pemeliharaan. Ayam petelur akan jauh lebih suka suasana yang tenang, pencahayaan yang cukup, serta perlakuan yang bagus dari petugas.

Pengawasan yang ketat

Ayam ras sangat sensitif dengan perubahan manajemen yang dilakukan oleh pemilik kandang, misalnya dalam hal pakan, tenaga kerja, ataupun kondisi lingkungan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir perubahan yang drastis, Anda harus rajin melakukan pemantauan yang ketat.

Kondisi cuaca

Kondisi cuaca sangat memengaruhi kondisi kesehatan ayam. Cuaca yang berubah secara drastis dapat menyebabkan ternak mengalami penurunan produksi telur hingga 10 persen. Jika sudah terjadi, Anda harus paham bagaimana caranya mengatasi perubahan cuaca yang terjadi begitu ekstrem.

Persaingan global

Kunci sukses bukan saja hanya datang dari bagaimana Anda memelihara ayam hingga mampu menghasilkan panen secara optimal. Sebagai peternak, Anda juga harus menguasai persaingan global yang sedang terjadi di pasaran. Peternak diwajibkan untuk menghasilkan komoditas peternakan dengan harga yang murah dan berkualitas sehingga produknya bisa bersaing di pasaran.

Baca Juga:  Alasan Ternak Kelinci Potong Bisa Menjadi Ladang Usaha yang Menjanjikan

Kerja sama dengan peternak

Meskipun sama-sama berprofesi sebagai peternak, Anda harus bekerja sama dengan peternak lain untuk memudahkan proses usaha. Hal ini karena biasanya antarpeternak bisa saling memberikan informasi atau saling membantu ketika yang lain tertimpa musibah.

Loading...
Loading...