Kunci Sukses Usaha Beternak Itik Petelur

Pertanianku — Telur itik merupakan komoditas yang memiliki pasar sendiri dan pamornya pun tidak kalah dari telur ayam. Permintaan telur itik cenderung stabil, biasanya telur itik dijual dalam keadaan sudah diolah menjadi makanan, seperti telur asin dan telur pindang. Permintaan yang stabil membuat peluang usaha beternak itik petelur cukup menjanjikan.

beternak itik petelur
foto: pertaninanku

Itik bukanlah hewan yang sulit untuk dipelihara, asalkan manajemen pemeliharaan dilakukan dengan baik dan tepat. Produksi telur dapat dilakukan sepanjang tahun. Biasanya, permintaan telur itik akan meningkat saat menjelang puasa hingga beberapa hari setelah lebaran. Pada saat itu harga telur akan menjadi lebih mahal. Agar usaha Anda berhasil, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut yang mampu menunjang usaha beternak itik petelur.

Pembuatan kandang yang efektif

Loading...

Upayakan pembuatan kandang jangan terlalu mubazir sehingga membuat bengkak biaya produksi. Buatlah kandang yang sesuai dengan standar tetapi tidak mubazir. Pembuatan kandang bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan alternatif atau bahan bekas yang masih bisa digunakan untuk menghemat biaya produksi.

Gunakan bibit berkualitas

Bibit merupakan kunci utama agar usaha Anda berhasil. Melalui bibit berkualitas, telur yang dihasilkan akan berkualitas serta daya produksi pun lebih tinggi. Namun, pembelian bibit juga harus memerhatikan anggaran. Jangan sampai membeli bibit yang bagus tetapi melebihi anggaran. Sebaiknya, lakukan survei ke beberapa pembibit yang menyediakan bibit berkualitas dengan harga terjangkau.

Berikan pakan berkualitas

Tidak hanya bibit, pakan merupakan komponen penting yang harus berkualitas. Pakan berkualitas dapat menunjang hasil produksi. Pakan memiliki komposisi yang cukup besar dari biaya produksi. Oleh karena itu, carilah pakan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Atau, Anda dapat menggunakan beberapa bahan alternatif yang memiliki kandungan sama dengan pakan berkualitas.

Baca Juga:  Penyebab Produksi Ayam Petelur Menurun dan Panen Kurang Maksimal

Lakukan pemeliharaan yang baik

Tidak cukup hanya memiliki bibit unggul dengan pakan berkualitas. Itik merupakan makhluk hidup yang harus diberikan perhatian agar mampu memproduksi dengan baik. Manajemen pemeliharaan yang baik dapat memengaruhi hasil produksi telur.

Pemasaran

Ketahui dengan jelas kemana telur itik Anda akan dijual. Anda bisa langsung menjual ke konsumen atau melalui perantara seperti tengkulak. Anda bisa memasarkan telur itik ke berbagai rumah pengolahan telur itik atau restoran.

 

 

 

Loading...
Loading...