Kunyit Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lho!


Pertanianku —  Kunyit kerap kali dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit bahkan berguna di bidang kecantikan. Selain itu, ternyata kunyit bisa bantu turunkan berat badan Anda lho.

kunyit bisa bantu turunkan berat badan
Foto: Pixabay

Kunyit mengandung zat anti-oksidan utama, yaitu curcumin. Kunyit disebut-sebut bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti sakit perut, gangguan metabolisme, dan obesitas.

Khusus untuk upaya penurunan berat badan, banyak mengonsumsi kunyit memang bukan jawaban yang tepat. Namun, khasiat kunyit dapat menjadi bahan pertimbangan dalam usaha menurunkan berat badan. Itu karena kunyit bisa menekan pertumbuhan jaringan lemak dan antiperadangan, yang biasanya dikaitkan dengan obesitas.

Kunyit sebagai antiperadangan

Kondisi obesitas seing kali menimbulkan peradangan yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes atau penyakit jantung. Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal ilmiah, European Journal of Nutrition, cucurmin, yang terkandung dalam kunyit merupakan zat anti-oksidan yang dapat menekan peradangan pada sel-sel lemak, pankreas, dan otot.

Kondisi ini dapat membantu menekan risiko meningkatnya tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan berbagai gangguan metabolisme lainnya.

Kunyit sebagai anti-obesitas

Pada penelitian yang dilakukan di Universitas Tufts pada 2009, kandungan curcumin pada kunyit diketahui dapat menekan pertumbuhan jaringan lemak. Penelitian ini dilakukan pada sekelompok tikus laboratorium. Sayangnya, penelitian ini belum diujicoba pada manusia.

Hubungan kunyit dan penurunan berat badan

Anda bisa memasukkan kunyit dalam menu makananannya. Kendati begitu, Anda juga harus bisa memastikan asupan kalori yang masuk ke tubuh. Akhirnya, kombinasi diet yang tepat dan latihan olahraga secara rutin bisa membantu Anda menurunkan berat badan secara sehat.

Memasukkan kunyit dalam menu diet

Kunyit sebenarnya bisa ditambahkan dalam olahan sayuran, susu, ataupun salad, yang biasa Anda konsumsi. Kunyit tidak memiliki efek samping, kecuali terhadap orang yang alergi kunyit. Namun, kondisi alergi ini jarang terjadi. Jika ingin digunakan sebagai suplemen, maka kunyit bisa dikombinasikan dengan berbagai obat. Dengan catatan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga:  Ampuh! Khasiat Jahe Lawan Penyakit Mematikan Gastroenteritis
loading...
loading...