Kunyit Dapat Obati Alzheimer, Benarkah?


Pertanianku – Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang berasal dari tanaman rempah yang berfungsi tak hanya sebagai bumbu masakan. Kunyit bahkan dapat digunakan sebagai ramuan herbal, jamu, hingga suplemen kesehatan yang dapat menjadi obat beberapa penyakit, salah satunya penyakit alzheimer. Benarkah demikian?

Baru-baru ini terdapat sebuah riset yang menunjukkan bahwa kunyit terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Tanaman rempah ini bahkan berpotensi mengatasi kanker dan penyakit alzheimer.

Para pakar menyoroti kurkumin, zat kimia yang dikandung kunyit, sebagai kunci untuk pengobatan baru kanker. Namun, klaim lain menyatakan rempah-rempah yang digunakan berabad-abad dalam masakan India dan Cina ini hanya sekadar penambah rasa.

Profesor riset di Universitas Minnesota, Michael Walters, mengatakan, berbagai informasi tentang kunyit tersebut perlu disaring dengan baik. Dia sepakat kunyit adalah rempah sehat, tetapi tidak ingin media dan publikasi melebih-lebihkannya.

Sejumlah penelitian disebutnya memiliki konflik kepentingan, seperti mendapat keuntungan dari penjualan kunyit. Terlepas dari hal tersebut, kata Walters, sejumlah penelitian memang mengungkapkan beberapa manfaat yang sangat menarik.

“Kurkumin diketahui dapat mengurangi kadar sitokin yang menghasilkan peradangan dan telah dikaitkan dengan penanganan obesitas. Manfaat lainnya, yaitu mencegah resistensi insulin dan membantu pengidap diabetes,” ungkapnya.

Sementara itu sebuah Yayasan Alzheimer di Inggris, seperti dilansir dari laman Express, penelitian berbasis laboratorium telah menunjukkan kemampuan kurkumin untuk memecah plak amiloid beta yang mengendap pada tubuh penderita alzheimer. Namun, belum ada bukti ilmiah kunyit dapat mengobati penyakit tersebut sepenuhnya.

Ternyata manfaat kunyit bagi kehidupan sungguh luar biasa bukan?

Baca Juga:  Kafein Juga Bisa Bikin Overdosis
loading...
loading...