Khasiat Kunyit Menyembuhkan Nyeri Lambung


Pertanianku – Masalah pencernaan yang biasa menjadi masalah banyak orang adalah nyeri lambung. Nyeri lambung terasa sangat menyakitkan bahkan dapat mengganggu aktifitas jika Anda mengalami nyeri lambung.

Kebanyakan orang menganggapnya sepele. Namun, sebenarnya hal ini tidak bisa dibiarkan. Penyebab nyeri lambung dikarenakan meningkatnya asam lambung, namun biasanya orang menyebutnya penyakit maag. Penyakit ini tidak boleh dianggap ringan. Beberapa orang meninggal karena menyepelekan penyakit ini. Nyeri lambung bisa terkena siapa saja mulai dari anak kecil, remaja, hingga dewasa bisa terkena penyakit ini.

Kunyit Menyembuhkan Nyeri Lambung

Salah satu cara alami mengobati rasa sakit karena nyeri lambung adalah dengan menggunakan kunyit. Salah satu khasiat kunyit dapat digunakan sebagai obat tradisional asam lambung karena mengandung senyawa seperti cineol, turmorone, zingiberene dan borneol. Kandungan tersebut dapat mencegah produksi asam lambung yang berlebih. Sedangkan kandungan alkaloid curcumin bekerja sebagai anti kuman, yang akan merangsang dinding kantung empedu mengeluarkan cairan empedu.

Berikut adalah olahan kunyit untuk menyembuhkan nyeri lambung antara lain :

  1. Besihkan kunyit kemudian haluskan.
  2. Jemur Kunyit sampai kering sampai menjadi bubuk.
  3. Setelah kering gunakan satu sendok the bubuk kunyit, lalu beri air panas sebanyak setengah gelas, saring airnya dan siap dikonsumsi.

Mengkonsumsi kunyit yang berlebihan juga tidak baik, karena akan membuat empedu menjadi kosong yang berakibat terganggunya sistem pencernaan. Dalam keadaan normal, asam lambung berfungsi untuk merangsang pengeluaran getah lambung, empedu, getah pankreas, disinfektan dan membuat enzim lambung menjadi aktif.

Baca Juga:  Ayam Terkontaminasi, Diam-diam Jadi Pembunuh