Kupas Tuntas Manfaat Mentimun untuk Kesehatan


Pertanianku — Selain enak disantap sebagai lalapan, manfaat mentimun ternyata sangat baik untuk kesehatan. Konsumsi mentimun dengan porsi tepat dapat melindungi Anda dari ancaman berbagai penyakit berbahaya.

manfaat mentimun
Foto: Pixabay

Dilansir dari Live Science, Angela Lemond, seorang ahli gizi yang berbasis di Texas mengatakan, mentimun mengandung serat dan beta karoten, terutama pada bagian biji dan kulit. Sementara, menurut Megan Ware, ahli gizi dari Orlando, Florida, mengatakan, mentimun baik dikonsumsi karena rendah kalori, karbohidrat, lemak, dan kolesterol.

Lalu, manfaat kesehatan apa saja yang bisa didapat dari konsumsi mentimun? Nah, berikut ini akan diulas beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan dari konsumsi mentimun.

  1. Cegah kanker

Mentimun mengandung dua fitonutrisi yang bisa mencegah kanker, yakni lignan dan cucurbitacins. Dikutip dari Live Science, sebuah riset pada 2010 menemukan bahwa cucurbitacins dapat menghalangi jalannya sinyal penting untuk sel kanker berpoliferasi dan bertahan hidup.

Selain itu, cucurbitacins juga mampu menghambat pertumbuhan kanker pankreas. Berdasarkan studi pada 2009 dan diterbitkan di Journal of Cancer Research, cucurbitacins dapat mencegah pertumbuhan tujuh jenis sel kanker pankreas hingga 50 persen.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Mentimun mengandung potasium sebanyak 152 miligram per cangkir. Potasium dapat membantu menjaga tekanan darah. Sebuah riset yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information (NCBI), asupan potasium berhubungan dengan rendahnya tingkat stroke dan bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Melindungi otak

Mentimun mengandung anti-inflamasi bernama fisetin. Fisetin sangat penting untuk kesehatan otak karena bisa meningkatkan kemampuan mengingat dan melindungi sel saraf. Dilansir dari Graphic, fisetin dapat mencegah gangguan ingatan dan belajar.

  1. Jaga berat badan

Karena rendah kalori, biasanya mentimun banyak dikonsumi mereka yang sedang menjalani program diet. Namun, bagi mereka yang tidak diet, mentimun bisa dijadikan asupan untuk menjaga berat badan karena mengandung serat pada bagian kulitnya. Serat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga asupan makanan dapat dikontrol.

Baca Juga:  5 Manfaat Sayur Bayam untuk Kulit Ini Luar Biasa
loading...
loading...