Kurang Populer, Manfaat Buah Kesemek Ternyata Menakjubkan

Pertanianku — Kesemek merupakan buah asli Tiongkok yang telah ditanam sejak ribuan tahun lalu. Buah ini memang kurang populer dibanding buah lainnya. Tapi tahukah Anda? Manfaat buah kesemek tak disangka ternyata sangat baik untuk kesehatan. Di dalamnya terdapat banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat buah kesemek
Foto: Pixabay

Nah, mulai sekarang jangan sekadar tahu namanya, Anda wajib tahu beberapa manfaat buah kesemek yang baik untuk kesehatan seperti berikut ini.

  1. Antikanker

Kesemek merupakan salah satu buah yang kaya akan anti-oksidan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Experimental and Clinical Sciences Journal, karotenoid dan katekin di dalam buah ini berperan sebagai agen antikanker yang cukup kuat. Tak hanya dua senyawa itu, kesemek juga mengandung anti-oksidan lainnya seperti vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan flavonoid.

  1. Mengurangi peradangan

Kesemek memiliki kandungan senyawa antiradang yang bisa membantu memulihkan peradangan dalam tubuh. Saat mengalami peradangan, tubuh biasanya memproduksi protein C-reaktif dan interleukin-6. Untuk menetralkannya, tubuh memerlukan asupan vitamin C.

Vitamin C mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dengan menyumbangkan elektron ke molekul yang tidak stabil. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari kerusakan lanjutan. Selain itu, kandungan karotenoid, flavonoid, dan vitamin E di dalam buah kesemek juga membantu melawan peradangan di dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan anti-oksidan di dalam buah kesemek memiliki manfaat lain yang tak kalah menakjubkan. Kesemek mengandung 55 persen asupan vitamin A dari yang direkomendasikan. Lutein dan zeaxanthin dalam kesemek juga bisa mengurangi risiko penyakit mata tertentu, termasuk degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyakit mata yang menyerang retina dan bisa menyebabkan kebutaan.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kesemek merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam askorbatnya mampu memenuhi 80 persen kebutuhan harian vitamin C harian Anda.

  1. Menjaga kesehatan jantung
Baca Juga:  Khasiat Cabai, Anda Wajib Tahu

Kombinasi nutrisi dalam kesemek sangat membantu dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Buah ini mengandung anti-oksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol. Dalam sebuah penelitian, lebih dari 98.000 orang yang makan makanan tinggi flavonoid, berisiko 18 persen lebih rendah mengalami kematian akibat masalah jantung.

Loading...