Kurangi Rasa Cemas Anak dengan Memelihara Anjing


Pertanianku – Tak perlu menjauhkan anak dari anjing peliharaan Anda. Kehadiran anjing sejak awal kehidupan anak ternyata mampu membuat kesehatan mentalnya lebih baik. Kehadiran anjing dapat mengurangi rasa gelisah atau cemas yang terjadi pada anak-anak, terutama kecemasan sosial. Adanya interaksi antara anak dan anjing peliharaan, mampu meringankan kecemasan sosial yang dialami anak-anak.

Kurangi Rasa Cemas Anak dengan Memelihara Anjing

Kehadiran anjing peliharaan di rumah mampu menurunkan kegelisahan pada anak. Para peneliti juga menuturkan jika interaksi anjing dan anak terjadi selama anak dalam masa pertumbuhan sangat berdampak positif pada kesehatan mentalnya. Hal ini dapat mengurangi gangguan mental saat anak beranjak remaja maupun dewasa nantinya.

Studi ini dilakukan selama 18 bulan oleh peneliti dari Basset Medical Center, University of Oklahoma Health Sciences Center dan Dartmouth Medical School terhadap 634 anak di utara pedesaan New York. Penelitian sebelumnya juga menyatakan manfaat positif dari interaksi dengan anjing diantaranya dapat mengurangi tingkat kortisol (hormon stres) dan meningkatkan tingkat oksitosin (hormon kebahagiaan).

Baca Juga:  Langkah Mudah dan Cermat Budidaya Tanaman Kopi
loading...
loading...