Lada Dengan Tanaman Tahunan

Pertanianku – Sebagai tanaman yang masih cukup tahan naungan, lada dapat ditanam sebagai tanaman sela di antara tanaman tahunan yang berjarak tanam lebar dan memiliki tajuk yang masih memungkinkan cahaya masuk melalui tajuk dalam jumlah cukup bagi tanaman lada. Lada panjat dan lada perdu dapat ditanam di antara tanaman kelapa, pada pohon naungan sebagai tajar lada panjat di antara tanaman kopi, dan di antara beberapa jenis pohon kayu yang tidak memiliki tajuk terlalu rimbun dan batangya tidak mudah patah seperti eucalyptus.

Lada Dengan Tanaman Tahunan

Polikultur dengan tanaman karet juga bisa dilakukan, tetapi populasi karet menjadi setengah populasi normal. Lada panjat atau lada perdu ditanam menggantikan area satu barisan karet. Bila karet ditanam dengan jarak tanam 6 m x 3,3 m maka jarak tanam karet menjadi 12 m x 3,3 m. Areal selebar 6 meter di tengah-tengah antarbarisan karet berjarak tanam 12 m x 3,3 m tersebut ditanam lada panjat atau lada perdu. Populasi karet akan menjadi 250 pohon per hektar, populasi lada panjat dengan jarak tanam 3 m x 2,5 m adalah 667 pohon, sedangkan bila ditanam lada perdu dengan jarak tanam 1,5 m x 1 m akan terdapat 3.333 pohon.

Di antara tanaman kelapa yang berjarak tanam 10 m x 10 m dapat ditanam tiga baris tanaman lada panjat dengan jarak 2,5 m x 2,0 m atau lada perdu dengan jarak 1,5 m x 1,0 m. Tanaman kelapa ditanam dengan populasi normal, yaitu 100 pohon dan tanaman lada panjat ditanam 2/3 populasi normal yaitu sekitar 667 pohon per hektar. Untuk lada perdu dapat ditanam sebanyak empat baris di antara tanaman kelapa dengan jarak tanam 2,0 m x 1,0 m atau dengan populasi 3.333 pohon per hektar.

Pada pohon naungan kopi dapat ditanam lada sebanyak 400 pohon lada panjat. Apabila eucalyptus ditanam dengan jarak 8 m x 8 m maka di antaranya dapat ditanam lada perdu dengan jarak tanam 2 m x 1 m atau dengan populasi 3.000 pohon.

Baca Juga:  Lokasi Penanaman yang Tepat untuk Tanaman Karet Menghasilkan Lateks

Perawatan lada panjat dan lada perdu sistem polikultur dengan tanaman tahunan pada prinsipnya sama dengan tanaman monokultur. Perbedaannya yaitu perlu adanya pengaturan pohon tanaman tahunan agar tidak memberikan naungan yang terlalu berat pada tanaman lada. Pemangkasan atau penjarangan tanaman pohon perlu dilakukan agar cahaya yang masuk ke permukaan tajuk tanaman lada minimal 70%.

 

Sumber: Buku Lada