Lakukan Beberapa Hal ini Sebelum Ternak Sapi

Pertanianku — Usaha ternak sapi merupakan usaha yang perlu dijalankan dengan persiapan yang matang. Persiapan tersebut sudah harus dilakukan sebelum sapi masuk ke kandang. Persiapan yang matang akan memudahkan Anda untuk menjalani proses pemeliharaan sehingga kemungkinan berhasil semakin besar.

ternak sapi
foto: pertanianku

Ada beberapa persiapan yang perlu Anda siapkan selama masa praproduksi. Mulai dari persiapan bakalan sapi hingga persiapan kandang serta peralatan. Berikut ini persiapan-persiapan yang perlu Anda lakukan.

Pengadaan sapi

Sapi yang dipilih untuk ternak harus baik. Lebih baik jika membeli sapi dari peternak yang memiliki sistem pencatatan yang bagus agar Anda mengetahui perlakuan bakalan sapi selama masa pemeliharaan. Pencatatan tersebut berfungsi untuk mencatat seluruh riwayat hidup sapi.

Pengangkutan sapi

Pengangkutan sapi tidak boleh dilakukan sembarangan karena akan menyebabkan sapi stres. Cara, umur sapi, dan waktu angkut perlu diperhatikan, terutama jika jarak pengangkutan yang ditempuh terbilang cukup jauh. Pasalnya, jarak yang jauh dapat menyebabkan kondisi kesehatan sapi menurun. Penanganan yang baik selama masa pengangkutan sangat perlu diperhatikan agar sapi tidak lelah dan stres.

Sterilisasi sapi

Sapi yang sudah sampai di peternakan perlu langsung dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan ke bagian tubuh sapi. Sterilisasi berfungsi untuk memastikan tidak ada parasit yang menempel pada tubuh sapi. Hal ini perlu dilakukan karena Anda tidak pernah tahu kondisi asli sapi. Jangan sampai sapi tersebut membawa parasit ke dalam kandang pemeliharaan yang sudah disterilisasi dari virus dan bakteri.

Sterilisasi kandang

Tidak hanya pada sapi, sterilisasi juga perlu dilakukan pada kandang. Sterilisasi kandang perlu dilakukan sebelum sapi tiba. Dengan begitu, saat sapi tiba, kandang sudah bisa langsung digunakan untuk memelihara sapi. Sterilisasi dilakukan dengan cara mencuci seluruh isi kandang dengan menggunakan disinfektan.

Baca Juga:  Ekstensif, Sistem Ternak Ayam Kampung yang Sering Digunakan Masyarakat Pedesaan

Pencucian peralatan

Peralatan yang akan digunakan selama proses pemeliharaan seperti tempat pakan, minum, alat kebersihan, dan lain-lain juga perlu dicuci hingga bersih menggunakan disinfektan. Pencucian tersebut berfungsi mematikan kuman-kuman, bakteri, serta virus penyebab penyakit sehingga sapi tidak mudah sakit.


loading...