Lakukan Hal ini Agar Tanaman Kedondong Anda Rajin Berbuah

Pertanianku – Agar tanaman yang Anda budidayakan dapat tumbuh dengan optimal dan berbuah, tanaman harus mendapatkan perawatan yang intensif. Cara perawatannya mulai dari penyiraman, penyiangan, penggemburan, dan pemupukan.

Lakukan Hal ini Agar Tanaman Kedondong Anda Rajin Berbuah

Berikut ini tips agar tanaman kedondong Anda rajin berbuah.

Loading...
  1. Penyiangan

Jika Anda ingin kedondong yang telah ditanam berbuah dengan lebat, hal yang harus dilakukan pertama adalah melakukan penyiraman tanaman secara rutin pada pagi dan sore hari. Penyiraman dilakukan hingga media tanam basah, tetapi tidak tergenang air. Hal ini dilakukan agar tanaman tidak rusak karena pemberian air yang terlalu banyak.

  1. Penyiangan dan penggemburan

Penyiangan dapat dilakukan bersama penggemburan media tanam dan pemupukan ketika tanaman berumur 2—4 bulan. Tak lupa untuk membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Cara mencabut gulma juga harus hingga ke akarnya. Namun, pencabutan gulma harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak akar tanaman. Penggemburan sebaiknya dilakukan ketika tanah padat di sekitar area batang, terutama pada curah hujan tinggi.

  1. Pemangkasan

Tanaman kedondong Anda harus sering dipangkas untuk merangsang pertumbuhan buah. Dengan dipangkas, pohon tidak akan tumbuh besar, tetapi cabang yang akan menghasilkan buah tetap banyak. Pemotongan dahan yang besar hendaklah dilakukan dengan perlahan agar dahan tidak sampai pecah.

  1. Pemupukan

Pemupukan sebaiknya dilakukan ketika tanaman berumur 2–4 bulan dengan memberikan pupuk urea sebanyak 100 g setiap pohon. Lalu, saat tanaman berumur 6 bulan berikan pupuk kandang sebanyak 15 kg/pohon setiap 3—4 bulan sekali. Saat tanaman menjelang berbunga berikan pupuk NPK 8:4:24 atau NPK 1:30:40 atau NPK 8:16:24 sebanyak 100—500 g per pohonnya. Cara memberikan pupuk dengan ditaburkan ke dalam media tanam yang telah dibuat lubang melingkari batang sedalam 10 cm. Setelah pupuk ditaburkan, tutup kembali dengan media tanam.

  1. Penjarangan buah
Baca Juga:  Peluang Usaha Jambu Air Madu Deli Semanis Rasa Buahnya

Penjarangan buah juga harus dilakukan saat buah masih pentil. Pasalnya, ketika buah tumbuh terlalu lebat akan dapat menurunkan kualitas dari buah tersebut. Selain buah akan berukuran kecil, tekstur buah pun akan jelek, serta dahan pohon akan mudah patah. Anda perlu melakukan penyortiran buah, yang dirasa tidak bagus  harus dibuang. Cara penjarangan buah dengan menggunting tangkai buah yang ingin dibuang agar tidak merusak buah yang lain.

Sumber: Buku 20 Tanaman Buah dalam Pot

Loading...
Loading...