Lakukan Hal Ini Jika Ingin Tanaman Hias Kaktus Tumbuh dengan Cantik


Pertanianku — Sebagian orang mengatakan, tanaman hias kaktus tidak memiliki keindahan seperti tanaman hias lainnya.

tanaman hias kaktus
Pixabay

Kaktus merupakan tanaman yang memiliki permukaan daun tebal dan dipenuhi oleh duri pada daunnya. Hal unik inilah yang menjadi daya tarik dari tanaman kaktus. Anda pasti tertarik untuk menjadikannya sebagai tanaman hias untuk mempercantik ruangan.

Banyak bibit kaktus yang bisa Anda beli. Namun, jika Anda malas bepergian ke toko penjual tanaman, Anda bisa mencari di toko swalayan atau mal.

Perawatan tanaman hias berduri ini cukup mudah. Kaktus hanya perlu disiram seminggu sekali dengan asupan air yang tidak terlalu banyak. Sebab, jika salah urus, bukan keindahan yang didapat, justru tanaman kaktus Anda akan cepat mati.

Ikuti trik berikut ini agar tanaman hias kaktus Anda tumbuh dengan cantik.

  • Tanaman kaktus bisa cepat mati jika terlalu lama diletakkan di tempat lembap. Untuk itu, cobalah Anda letakkan kaktus di tempat yang berangin dan teduh selama tiga hari sekali.
  • Jangan menjemur langsung tanaman kaktus di bawah paparan sinar matahari. Hal ini bisa membuat tanaman kaktus Anda terbakar. Tanaman kaktus yang terbakar memiliki tampilan berwarna cokelat kehitaman pada ujungnya.
  • Siram kaktus minimal dua minggu sekali menggunakan spray. Hal ini dimaksudkan agar kaktus tidak cepat lembap. Ciri tanaman kaktus yang lembap, permukaan daunnya akan terasa lembek ketika Anda pegang dengan ujung jari.
  • Berilah nutrisi pada tanaman kaktus. Idealnya pupuk NPK, asupan yang sangat diperlukan oleh semua jenis tanaman hias, terutama kaktus. Anda bisa memperoleh pupuk tersebut di pedagang tanaman hias. Cara pemberian pupuknya pun sangat mudah. Letakkan pupuk di permukaan tanah, lalu timbun kembali agar pupuk tersebut tidak menguap.
  • Media tanam berpengaruh pada proses pertumbuhan tanaman. Maka, gantilah media tanam. Jika Anda tinggal di daerah berudara sejuk seperti Bandung dan Malang, Anda tidak perlu melakukan pergantian media tanam karena cuaca yang mendukung. Namun, untuk Anda yang tinggal di daerah yang bercuaca panas, sebaiknya perlu mengganti media tanam.
  • Pilih pot yang memiliki permukaan dinding dan bagian bawah yang porous. Tujuannya, agar ketika tanaman disiram, air akan cepat mengalir dan tak mengembang di permukaan pot.
Baca Juga:  Manfaat Mikoriza untuk Menyuburkan Tanaman