Lalapan Sayuran, Lebih Baik dikonsumsi Saat Mentah Atau Matang


Pertanianku – Semua buah dan sayur jelas akan lebih optimal kandungan gizinya apabila dikonsumsi senatural mungkin. Bagi yang peduli dengan faktor kesehatan atau sedang mengonsumsi sayur dan buah merupakan pilihan terbaik.

Lalapan Sayuran, Lebih Baik dikonsumsi Saat Mentah Atau Matang

Mengonsumsi sayur mentah sebagai lalap tentu kebiasaan yang baik. Terlebih jika menyantap sayuran dalam kondisi mentah yang tidak merubah kandungan gizi di dalamnya. Tantangan makan sayur mentah terletak pada proses pembersihannya, yaitu harus dilakukan dengan menyeluruh agar terbebas dari sisa kontaminasi zat kimia yang berasal dari pupuk.

Sayuran mentah nilai gizinya lebih baik daripada sayuran matang, sayuran mentah tidak perlu melalui proses pemanasan hingga kualitasnya terjaga. Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa keuntungan memakan sayuran mentah untuk kesehatan.

  1. Kualitas masih terjaga

Ketika sayuran diproses melalui memasak, pemanasan dapat mengubah kandungan vitamin dan protein serta akan menghancurkan enzim yang ada dalam sayuran.

Hal ini menjadikan sayuran yang dimasak tidak memberikan manfaat bagi kesehatan. Lain halnya dengan sayuran mentah yang tidak perlu melalui proses pemanasan kualitasnya tetap terjaga.

  1. Menghindari terkena penyakit

Salah satu manfaat mengonsumsi sayuran mentah yaitu untuk menghentikan kemungkinan tubuh terinfeksi dari berbagai penyakit kronis seperti jantung dan kanker.

Saat mengonsumsi sayuran mentah, daya tahan tubuh akan lebih baik dan akan terhindar dari keluhan sembelit yang kerap dirasakan kebanyakan orang. Berbeda dengan sayuran yang melalui proses memasak yang memungkinkan sejumlah radikal bebas penyebab kanker masuk dan mengkontaminasi tubuh.

  1. Ikut dalam menjaga pelestarian lingkungan

Semakin banyak orang memakan sayuran mentah sama dengan membuka kemungkinan semakin banyak orang berkebun. Hal ini secara tidak langsung bisa membantu mengurangi kadar karbondioksida di atmosfer. Bahkan ini bisa membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik lagi dengan proses berkebun.

  1. Persiapan yang Sederhana
Baca Juga:  Teknik Sederhana Bertanam Brokoli dalam Pot

Saat memasak, tentu Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan sayuran dan bumbu-bumbu pendukungnya. Jika Anda mengonsumsi sayuran Anda hanya perlu mencuci bersih dengan air kran sebelum dihidangkan dan kemudian dilahap.