Lalat Buah Jadi Solusi Pengobatan Gangguan Otak


Pertanianku – Lalat buah merupakan salah satu hama yang kerap menyerang tanaman khususnya buah. Jika tanaman buah terserang hama satu ini, tentu saja akan membuat rusak bahkan busuk. Bisa dikatakan lalat buah menjadi momok para petani. Namun, lalat buah ternyata dapat dimanfaatkan untuk membantu terapi gangguan otak seperti autisme dan skizofrenia.

Sekelompok ilmuwan Australia mempelajari protein yang dikenal sebagai “cuka lalat buah”. Mereka menemukan lalat buah dan manusia memiliki beberapa kesamaan gen. Tidak hanya itu, ada pula hubungan antara gen pertumbuhan dan perkembangan otak.

Lewat penemuan ini diharapkan bisa mengetahui bagaimana sebenarnya otak manusia bekerja. “Ada sekitar 75 persen gen lalat yang sama dengan gen manusia,” jelas Profesor Coral Warr, salah satu peneliti tersebut.

Para peneliti telah menemukan bahwa protein dalam gen bertanggung jawab untuk kerusakan sel yang terinfeksi virus atau kanker. Protein yang sama pada lalat juga berfungsi untuk mengontrol pelepasan sel-sel penting pada pertumbuhan kepala dan ekor.

“Protein pada manusia ini membantu sistem kekebalan tubuh seandainya ada sel yang rusak karena terinfeksi virus. Sementara pada lalat, protein ini tidak punya pengaruh pada kekebalan tubuh mereka, tapi dalam perkembangan kepala, termasuk perkembangan otak. Jadi kita menggunakan lalat buah untuk memahami perkembangan protein ini, yang dapat memberikan petunjuk bagaimana protein ini bekerja pada manusia,” terang Dr. Michelle Henstridge dari Monash University.

Ia pun berharap agar temuannya ini bisa mengembangkan jenis pengobatan baru untuk gangguan pada perkembangan otak manusia. “Jika kita dapat memahami bagaimana gen-gen ini bekerja dalam perkembangan otak, termasuk pada gangguan otak seperti autisme, maka kita bisa menemukan terapi dan pengobatannya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Buah Kesemek Ampuh Sembuhkan Kanker, Kok Bisa?
loading...
loading...