Lalat Buah yang Aman untuk Pertanian dan Pakan Burung Walet

Pertanianku — Ketika induk walet berada di luar sarang untuk berburu makanan, anak burung walet bisa merasa lapar sehingga memakan bagian dalam sarang yang masih lembut. Hal tersebut dapat menyebabkan bobot sarang walet yang dipanen berkurang. Untuk mencegah kondisi tersebut terjadi, peternak bisa menyiapkan pancingan untuk mengundang lalat buah datang ke dalam rumah walet sebagai pakan burung walet.

pakan burung walet
foto: Pertanianku

Pancingan bisa terbuat dari campuran tepung dan ekstrak buah-buahan berserat dengan biang serangga lalat buah Drosophila melanogaster. Hanya dalam hitungan 7 hari lalat buah akan datang ke dalam sarang untuk mengerubungi pancingan tersebut.

Lalat buah merupakan pakan tambahan yang bagus untuk mencegah anak walet memakan sarang. Pakan tambahan tersebut juga bisa membuat pembuatan sarang menjadi lebih cepat setelah dipanen.

Rumah walet yang diisi oleh banyak serangga dapat meminimalisir kemungkinan walet kabur. Hal ini karena walet sudah tidak perlu terlalu sering keluar untuk mencari pakan.

Lalat jenis Drosophila melanogaster bukan termasuk hama bagi tanaman buah. Lalat buah yang merupakan hama ialah Bactrocera, Dacus, dan Ceratitisi. Oleh karena itu, penggunaan lalat ini cukup aman untuk pertanian yang berada di sekitar peternakan burung walet.

Lalat yang menjadi pakan burung walet tidak memakan buah yang masih segar dan menggantung di pohon. Lalat tersebut memakan buah yang sudah busuk atau sudah terluka. Media tepung dan ragi yang dicampurkan dengan ekstrak buah-buahan mampu meredam aroma busuk yang ditimbulkan dari pembusukan buah. Dengan begitu, rumah walet terhindar dari bau yang dapat memancing serangga lain datang.

Lalat buah merupakan hama bagi para petani buah dan sayur yang meresahkan. Hewan ini bisa menyebabkan buah dan sayur menjadi busuk karena tusukan. Lalat akan menusukkan telurnya ke dalam buah dan membiarkan telur-telur tersebut menetas. Selanjutnya, larva yang sudah menetas akan memakan bagian dalam buah dan mengakibatkan pembusukan.

Baca Juga:  Cara Tradisional Mengatasi Ternak Kembung

Serangan lalat buah terbilang cukup meresahkan karena hama ini sudah bisa menyerang buah sejak buah masih berukuran pentil. Semakin tua umur buah, semakin disukai oleh lalat karena teksturnya yang lebih lunak. Biasanya, petani akan melakukan pembungkusan buah sejak dini untuk menghindari serangan lalat yang sangat sulit terlihat.