Lama Penggemukan Sapi Potong

Pertanianku – Belum lama ini, bisnis penggemukan sapi potong kian berkembang. Hal ini dapat dilihat dengan makin banyaknya peternak sapi yang memulai bisnis penggemukan sapi. Pada awalnya bisnis ini hanya dilakukan oleh beberapa peternak sapi potong. Seperti peternak sapi potong di daerah Jawa hingga Sumatera.

Melihat Prospek Penjualan Sapi Potong

Setiap akan memulai suatu bisnis hendaklah memikirkannya secara matang. Dalam usaha penggemukan sapi, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan agar dapat menghasilkan sesuatu yang memuaskan. Seperti salah satunya faktor penting yaitu mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk menggemukkan sapi potong.

Loading...

Lama penggemukkan sapi biasanya tergantung pada teknik penggemukan sapi yang digunakan, umur sapi yang ingin di gemukkan, serta cara pemberian pakan. Jika berdasarkan umur sapi yang akan digemukkan dapat dilihat berdasarkan sapi yang berumur di bawah satu tahun akan memerlukan waktu penggemukan yang lebih lama, jika dibandingkan dengan sapi-sapi yang berumur 2–2,5 tahun. Sama halnya dengan sapi-sapi yang digemukkan yang hanya diberikan pakan rumput hijau. Waktu penggemukan sapi seperti ini akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan sapi yang diberi rumput hijau dan sejumlah konsentrat.

Jumlah gizi yang dibutuhkan maupun kemampuan sapi dalam mengonsumsi bahan kering ransum didasarkan pada bobot badan sapi itu sendiri. Pada umumnya, bobot badan sapi dapat diketahui dengan melakukan penimbangan bobot badan sapi.

Sumber : Buku Bisnis Penggemukan Sapi

Baca Juga:  Kendala Beternak Ayam Joper, Begini Cara Mengatasinya
Loading...
Loading...