Langkah-langkah Membeli Kucing


Pertanianku – Setelah mengetahui kucing yang akan dibeli dan yakin akan memelihara kucing, tahap selanjutnya adalah membeli kucing. Ada begitu banyak tempat yang menyediakan kucing untuk dijual, seperti pembiak, pet shop, rumah sakit hewan, atau organisasi pecinta kucing.Membeli Kucing

A. Mencari Informasi Lokasi

Sebaiknya kumpulkan terlebih dahulu informasi yang sebanyak-banyaknya tempat paling baik untuk bisa membeli kucing. Informasi tempat tersebut bisa diperoleh melalui berikut.

  1. Websites. Penjelajahan informasi melalui internet dan websites juga cukup baik dan efektif karena banyak orang merekomendasikan tempat membeli kucing, pesan dan kesan saat membeli, puas atau tidak, dan sesuai atau tidak.
  2. Majalah. Majalah hobiis biasanya memberikan informasi mengenai breeder yang akurat dan terdaftar sehingga dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Organisasi pencinta kucing. Kucing dapat diperoleh melalui organisasi pencinta kucing dalam negeri maupun luar negeri.
  4. Kontes atau cat show. Jika menghadiri kontes kucing, cobalah memperhatikan kucing yang disukai. Ajang ini biasanya juga dapat menemukan penjual kucing karena biasanya para hobiis juga ada yang menjual kitten atau kucingnya.
  5. Dokter hewan. Banyak dokter hewan juga menyediakan kucing dan kitten yang memang tujuannya untuk dijual. Selain ahli menangani kucing, hewan yang dijual oleh dokter hewan dapat dipastikan dalam keadaan sehat dan berkualitas baik.
  6. Iklan. Mencari kucing kesayangan melalui iklan, baik di TV, radio, koran, dan buku, juga dapat dilakukan. Selain informasi yang diperolehcukup mewakili, alamat dan contact person juga bisa ditemukan. Dengan demikian, pembeli dapat berkunjung dan melihat langsung kucing yang ingin dibeli.
  7. Breeder. Breeder berbeda dengan dokter hewan. Breeder lebih kepada hobiis yang memang sangat tertarik dengan temuan baru hasil persilangan antarberbagai ras yang ada. Breeder memiliki pemahaman dan pengetahuan yang juga dapat diandalkan karena pengalamannya dalam mengawinkan berbagai ras kucing. Breeder biasanya juga mengetahui tren ras kucing. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencari informasi melalui breeder.
  8. Mengunjungi Tempat Penjualan atau Breeder. Berdasarkan data yang diperoleh, segera susun lokasi penjualan atau breeder yang harus didatangi untuk pertama kali. Tujuannya agar masih ada kemungkinan Didapatkan di tempat berikutnya jika yang dicari ternyata meleset di tempat pertama. Ada baiknya jika membuat perjanjian terlebih dahulu sebelum datang. Maksudnya agar breeder menyiapkan semua kucingnya. Pembiak biasanya mempunyai stok kucing dalam berbagai umur, mulai dari anakan, remaja, hingga dewasa.

Kondisi setiap kucing tersebut dapat dilihat secara langsung dan menyeluruh. Mintalah pendapat dan saran dari pembiak tentang kucing yang dimilikinya. Petunjuk dari pembiak sangat dibutuhkan untuk menjelaskan kualitas, baik itu kekurangan dan kelebihannya. Demikian pula asal-usul atau silsilahnya hingga beberapa keturunan, prestasi di kontes, atau beberapa penyakit degeneratif yang bisa muncul.

B. Memilih dari Banyak Kucing

Memilih kucing mudah, tetapi juga membingungkan. Apapun jenis kucing yang dipilih sebaiknya perhatikan ciri-ciri kucing yang sehat dan baik seperti berikut ini.

  1. Kucing sehat terbukti dengan hasil pemeriksaan dokter hewan atau periksa dan amati sendiri. Belilah kucing dengan surat/sertifikat silsilah yang jelas khususnya untuk kucing ras dan campuran.
  2. Kucing secara fisik terlihat montok, ototnya kuat, dan bersih. Periksalah terutama bagian anus, telinga, bulu, dan mulutnya.
  3. Kucing responsif saat diajak bermain. Hal tersebut merupakan pertanda kucing memang sehat secara mental.
  4. Pastikan benar-benar menyukainya pada pandangan pertama. Biasanya kesan pertama sangat berarti.
  5. Untuk rasnya, silakan melihat selengkapnya pada Bab 2, sebagai bahan pertimbangan.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

 

loading...
loading...