Langkah Awal Penyiapan Benih Stroberi

Pertanianku Penyiapan benih stroberi sebelum penanaman sangat penting untuk diperhatikan. Tanaman berbintik ini bisa disemai dari bijinya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan penanaman stroberi dari anakan ataupun stolonnya.

Penyiapan benih stroberi
Foto: pixabay

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan penyiapan benih stroberi ini. Pertama, tentukan jenis bibit yang akan digunakan. Beberapa varietas stroberi yang menjadi unggulan antara lain stroberi dorit, lokal brastagi, sweet charlie, erlybright, rasa linda, chandler, california, holibert, aerut, dan festival.

Bibit hasil kultur jaringan dapat ditemukan dijual bebas di balai pengembangan atau penangkar. Bila tertarik melakukan penanaman stroberi secara mandiri, Anda dapat melakukannya dengan membuat benih sendiri.


Loading...

Benih stroberi dapat diperoleh dari anakan ataupun stolon. Gunakan induk yang sudah disiapkan sendiri dan terpisah, bukan berasal dari tanaman yang digunakan untuk memproduksi buah stroberi.

Syarat induk tanaman yang akan digunakan sebagai indukan bagi anakan dan stolon cukup banyak. Induk ini haruslah sehat dan tidak terserang penyakit tanaman. Induk juga harus unggul secara kualitas agar menghasilkan anakan yang unggul. Selain itu, mutu buah yang diproduksi baik. Umur ideal sebuah tanaman dapat menjadi indukan adalah 6—10 bulan.

Benih dari anakan dapat dibuat dengan rumpun tanaman induk. Rumpun ini dipisahkan menjadi beberapa bagian, yakni 1 bagian benih akan menghasilkan 1 bagian anakan. Keseluruhan anakan ditanam dalam polibag berukuran 18×15 cm.

Polibag sebaiknya sudah diisi media tanam berupa campuran lapisan tanah di bagian atasnya, sekam padi atau pasir, serta pupuk kandang atau pupuk kompos halus. Komposisi yang bisa digunakan adalah 1:1:1 untuk ketiganya. Tanam dan tunggu satu bulan kemudian ketika bibit sudah siap ditanam ke media yang sesungguhnya.

Baca Juga:  Membuat Larutan Lilin untuk Pelilinan Jeruk

Cara berikutnya adalah dengan pembenihan dari stolon. Pilihlah stolon yang memiliki 2 akar atau calon akar. Akar ini dibungkus dengan mos atau akar tanaman hutan. Kemudian, tanam dalam polibag yang sudah diisi media tanam sama seperti cara anakan.

Tanaman akan lebih cepat tumbuh bila disimpan di tempat perdu. Tanaman juga dilindungi dengan tudung plastik agar tanah selalu lembap. Jangan lupa lakukan penyiraman secara teratur hingga bibit stroberi siap ditanam.

Loading...
Loading...