langkah-langkah Bertanam Buah Tin dalam Pot


Pertanianku – Buah tin memiliki nilai jual tinggi bukanlah karena tampilan fisiknya, melainkan berkat kelangkaannya. Dengan demikian, banyak yang menanamnya di pot. Tanaman buah tin dapat tumbuh pada suhu 21—27o C dengan kelembapan tinggi. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari untuk pertumbuhan, perkembangan tanaman, serta proses pematangan buah. Berikut adalah langkah-langkah Bertanam Buah Tin dalam Pot yang bisa kalian praktekan di pekarangan rumah kalian.

pictures836

1) Siapkan pot berukuran diameter 50 cm dan tinggi lebih dari 60 cm, lalu masukkan pecahan genting atau batu bata ke dalam dasar pot untuk mencegah keluarnya media tanam bersama air siraman. Selanjutnya, masukkan media tanam sampai mengisi minimal setengah pot.

pot 1

 

2) Siapkan bibit yang dipilih berasal dari setek dengan ketinggian minimal 60 cm dan berdaun sempurna lebih dari enam helai. Batangnya tegak dan sehat dengan diameter 1 cm. Setelah itu, gunting polibag dan keluarkan bibit beserta media tanamnya dari polibag. Tanam bibit tepat di tengah-tengah pot, lalu tambahkan media tanam hingga mendekati bibir pot. Siram bibit yang baru ditanam sampai media tanam basah.

pot 2

tin komposisi media tanam

3) Tempatkan pot di lokasi teduh dalam beberapa hari, lalu pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari setelah segar.

pot 3

Baca Juga:  Ragam Jenis Anggur yang Perlu Diketahui
loading...
loading...