Langkah-langkah Budi Daya Jeruk Baby


Pertanianku – Anda pasti pernah mengonsumsi jeruk yang berukuran mini atau yang biasa disebut jeruk baby bukan? Jeruk baby adalah salah satu jenis buah jeruk yang banyak disukai masyarakat karena rasanya sangat manis.

Langkah-langkah Budi Daya Jeruk Baby

Bagi Anda gemar dengan kegiatan bercocok tanam, membudidayakan tanaman jeruk adalah peluang bisnis yang layak untuk Anda perhitungkan. Budi daya jeruk baby adalah pilihan yang paling tepat, mengingat jenis jeruk ini sangat digemari dan memiliki harga jual yang cukup tinggi. Jeruk jenis ini dapat Anda budidayakan sendiri di rumah. Jika Anda tertarik, berikut langkah-langkah budi daya jeruk baby.

  • Pemilihan lahan untuk budi daya jeruk baby

Untuk lokasi lahan, pohon jeruk baby bisa tumbuh dengan baik jika ditanam di atas lahan yang berada di dataran rendah sampai dengan dataran tinggi pada ketinggian kurang lebih 700 meter dari permukaan laut. Lahan yang diperlukan yakni yang terbuka karena pohon jeruk baby dapat berproduksi secara optimal dengan sinar matahari yang banyak. Sementara itu, untuk kriteria jenis tanah yang ideal, yakni jenis lapisan tanah dalam dengan tekstur tanah lempung berpasir.

  • Pembenihan jeruk baby

Benih jeruk baby yang bagus berasal dari bibit yang didapatkan melalui cara pembibitan yang produksinya didasarkan pada standar sertifikasi benih dan pengawasan yang tepat. Benih jeruk baby dapat Anda dapatkan di berbagai toko-toko pertanian yang khusus menyediakan berbagai macam benih tanaman. Untuk mendapatkan benih yang bagus, hendaknya Anda memilih benih jeruk baby yang memiliki label bebas penyakit. Adapun ciri-ciri dari benih yang baik antara lain memiliki batang lurus berdiameter sekitar 1 cm, dengan tinggi kurang lebih 90 cm dari dasar kantung plastik polybag.

  • Penanaman jeruk baby

Setelah tanah diolah, proses selanjutnya pada budi daya jeruk baby adalah pembersihan terhadap tanaman liar dan juga pemupukan pada bagian yang akan ditanami pohon jeruk. Teknik budi daya jeruk baby, yaitu dengan mengatur pola baris yang arahnya adalah dari timur ke barat. Cara tanam ini akan memengaruhi sinar yang didapat oleh pohon jeruk agar lebih optimal. Buat lubang tanam dan masukkan pohon atau benih jeruk ke dalamnya. Tutup dengan tanah bercampur pupuk kandang dan dolomite secukupnya.

  • Perawatan dan pemanenan jeruk baby

Proses perawatan harus kita lakukan dengan maksimal agar pohon jeruk yang ditanam bisa tumbuh dengan subur. Perawatan yang perlu dilakukan di antaranya mengairi secara rutin, kemudian mengatur jumlah cabang (dengan pola 1 batang utama dengan tiga cabang utama yang masing-masing memiliki 3 cabang lagi), dan juga penambahan unsur hara untuk tanah.

  • Pemanenan jeruk baby

Jeruk siap untuk dipanen pada usia sekitar delapan bulan sejak masa berbunga. Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai buah.

Baca Juga:  Tumbuhkan Varietas Baru Lemon Tanpa Biji

Demikianlah langkah-langkah mengenai budi daya jeruk baby.