Langkah-langkah Membuat Ayam Broiler di Kandang Tetap Prima

Pertanianku — Manajemen pemeliharaan sangat penting dilakukan untuk menjaga kondisi ayam agar tetap prima selama masa pemeliharaan. Ayam broiler yang sehat dapat menghasilkan daging atau telur yang berkualitas dan disukai konsumen. Sementara itu, ayam yang kurang prima akan menghasilkan daging atau telur dengan kualitas rendah atau bahkan tidak bisa dijual.

ayam broiler
foto; pertanianku

Manajemen pemeliharaan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan bagi ayam broiler yang ada di dalam kandang. Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan ayam.

Manajemen litter

Loading...

Litter di kandang harus secara rutin dibalik dan diganti untuk mengurangi penumpukan kotoran pada litter yang bisa menjadi sumber penyakit bagi ayam. Litter yang sudah basah dengan tingkat kelembapan sekitar 60—70 persen harus segera dikeluarkan dengan hati-hati. Ketebalan litter harus dijaga setebal 8 cm dan dilakukan penambahan secara berkala untuk menjaga ketebalan.

Jika kandang yang digunakan adalah kandang slat, Anda harus rajin dan secara rutin membalik dan mengurangi kotoran di bawah slat untuk menjaga kotoran agar tetap kering. Anda juga harus memerhatikan irigasi atau saluran air di sekitar areal kandang tetap mengalir dengan lancar agar tidak ada air yang menggenang. Rumput liar yang tumbuh di sekitar kandang harus dibabat agar tidak mengganggu sirkulasi udara di dalam kandang.

Pencegahan penyakit saluran pernapasan

Gunakan penghalang atau layar di sekitar kandang untuk menghindari ayam dari terpaan angin secara langsung. Layar tersebut akan ditutup ketika angin terlalu kencang dan dibuka saat kondisi angin sudah normal.

Mencegah ayam sakit saluran pernapasan juga bisa dilakukan dengan memberikan pakan sesuai dengan bobot agar ayam tidak over feeding.

Pencegahan penyakit diare

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Sapi Diare

Lakukan pembersihan dan klorinasi tendon air sesuai kebutuhan atau sebanyak 1—2 minggu sekali. Selain itu, pembersihan juga dilakukan pada pipa, selang, dan galon air minum. Mencegah ayam dari sakit diare juga bisa dilakukan dengan memberikan air minum sesuai dengan kebutuhan ayam dan tidak berlebihan.

Pencegahan pakan berjamur

Lakukan pembersihan tempat penyimpanan pakan secara rutin dan pastikan pakan tertutup rapat saat musim hujan. Kualitas pakan juga harus dikontrol secara rutin untuk mencegah jamur tumbuh pada pakan.

Loading...
Loading...